Tanggul Amblas, Diduga Jembatan Desa Gejagan Loceret Berpotensi Ambrol

Kondisi tanggul Jembatan yang tergerus air di Dusun Gejagan Desa Gejagan, dan bisa terjadi longsor susulan apabila tidak segera dilakukan pembenahan.

NGANJUK (Pewarta88.com) – Akibat hujan dengan intensitas yang cukup tinggi terjadi di Dusun Gejagan, Desa Gejagan, Kecamatan Loceret, Kabupaten Nganjuk, Jawa timur. bibir tanggul sungai di Desa tersebut tergerus derasnya air hingga longsor seketika, hal ini terjadi beberapa hari yang lalu.

Akibat jebolnya bibir tanggul, Gatot (45), salah satu rumah yang dihuninya berdekatan dengan bantaran sungai merasa was-was dengan kejadian tersebut. Kekuwatiran muncul dirasa olehnya akan terjadinya longsor susulan.

Pengakuan Gatot, Tampak jelas adanya TPT jembatan di sisi timur sudah amblas sepanjang kurang lebih 10 meter.

“Longsornya tanggul sungai Dusun Gejakan tersebut sudah terjadi dua minggu ini, longsornya tanggul akibat derasnya aliran sungai,” jelasnya kepada pewarta88.com saat ditemui di lokasi, sabtu (22/1/2022)

Lanjut Gatot, tergerusnya tanggul juga disebabkan banyaknya sampah bambu yang tersangkut di kaki jembatan, sehingga sampah bambu bersamaan dengan derasnya air mengalir menghantam bantaran sungai.

“Ini tanggul sudah amblas sepanjang 1 setengah meter, untuk retakan tanah juga terlihat sehabis tergerus air. Jadi potensi terjadi longsor susulan yang saya kwatirkan, karena mengancam hunian yang saya tempati. Saya mohon untuk segera ada tindakan baik dari pemerintah Desa maupun Pemerintah Daerah,” harapnya.

Akibat tergerusnya bibir sungai, demi keamanan bagi pengguna jalan yang melintas, untuk sementara jembatan di tutup dengan menggunakan bilah kayu oleh warga. Hal itu dilakukan supaya mengingatkan warga wajib berhati hati.

Disayangkan pewarta88.com tidak berhasil mengkonfirmasi adanya jebolnya bibir tanggul kepada Deddy Nawan selaku Kepala Desa setempat, ikuti lanjutan beritanya hanya di pewarta88.com.(m.to)


Baca Juga:

Pemdes Nglawak Prambon Nganjuk Basmi Tikus Andalkan Burung Hantu, Petani: Tamb