Desa Bejijong Gelar Pasar Rakyat Kampung Majapahit Warnai Haul Mbah Sabar

Haul Mbah Sabar yang dikemas dalam kegiatan Pasar Rakyat Kampung Majapahit, di Siti Inggil pada Rabu (12/10/2022) malam.

MOJOKERTO (Pewarta88.com- Dalam rangka memperingati dan menghormati pemrakarsa cor kuningan maupun cor logam, warga Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto gelar Haul Mbah Sabar yang dikemas dalam kegiatan Pasar Rakyat Kampung Majapahit, di Siti Inggil pada Rabu (12/10/2022) malam.

Mbah Sabar merupakan pemrakarsa serta mempunyai home industri pertama di Desa Bejijong yang pada akhirnya karyawannya mempunyai usaha sendiri-sendiri di rumah masing-masing.

Kegiatan Haul Mbah Sabar yang pertama ini juga digelar kegiatan Pasar Rakyat Kampung Majapahit, yang meliputi kirab tumpeng, sarasehan cor kuningan, lelang kerajinan cor kuningan, lelang pusaka dan barang antik serta batik khas Desa Wisata Bejijong.

Dalam sambutannya Bupati Mojokerto Ikfina melalui Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Mojokerto Norman mengatakan, Pemkab sangat mensuport dan mengapresiasi warga desa Bejijong dalam rangka Haul Mbah Sabar ini.

"Tahun depan, Majafest  akan bertemakan Cor Kuningan dan kita sangat mendukung kegiatan ini," ungkap Norman.

Lebih lanjut dikatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) siap memfasilitasi dan bersinergi dengan desa untuk mendukung ekonomi kreatif.

Senada juga disampaikan Ainy Zuhro Ketua DPRD Kabupaten Mojokerto.  Menurutnya, Majafest tahun depan harus di Trowulan.

Berlangsungny kirab haul mbah sabar, di desa setinggil trowulan, kabupaten mojokerto.

Ainy berharap kegiatan Pasar Rakyat Kampung Majapahit bisa lebih dikenal. "Kalau mau promosi, jangan nanggung, kalau bisa langsung internasional," harapnya.

Sementara itu Kepala Desa (Kades) Bejijong, Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto, Pradana Tera M menyatakan, gelaran Haul Mbah Sabar ini sekaligus pengukuhan Paguyuban Cor Kuningan Sabar Handayani.

"Ini sebagai wadah dan ekosistem baru bagi pelaku usaha, senin dan budaya untuk saling membantu," kata Pradana.

Kades juga berharap agar bisa bersinergi dengan Pemerintah Daerah (Pemda). Guyub, Rukun dan Gotong-royong agar ke depannya bisa mendapatkan bantuan dari pemerintah.

Sebelumnya, berlokasi di Siti Inggil dengan agenda pengukuhan paguyuban cor kuningan sabar handayani. Di hadiri oleh Perwakilan Pemerintah Desa Bejijong

Para pelaku cor kuningan seluruh Desa Bejijong dan keluarga mbah sabar. Pengukuhan dia wali dengan menyanyikan Indonesia raya, kemudian prosesi pelantikan dan ramah tamah di tutup do' a serta keliling stand pameran pusaka.

"kami pemerintah Desa Bejijong berterima kasih atas terselenggaranya acara haul mbah sabar ini, yang di adakan oleh paguyuban cor kuningan sabar handayani, semoga dapat meningkatkan ekonomi serta meningkatkan patiwisata di Desa Bejijong,” punkasnya Kades Bejijong.(Ben/Adv)


Baca juga:

Peremajaan Bangku Sekolah SMP Negeri di Kabupaten Mojokerto Sudah di Distribusikan Dengan Baik