Hama Tikus Resahkan Warga Desa Wengkal Kecamatan Rejoso, Warga Berharap Dispertan Ikut Mengatasi

Pewarta88.com Saat Menemukan Bangkai Tikus Bersorakan di Persawaan Petani Desa Wengka.

NGANJUK (Pewarta88.com) - Para petani khususnya yang ada di beberapa Desa di wilayah Kecamatan Rejoso sudah dua tahun ini resah dengan ancaman hama tikus , yang kian hari kian merebak.

Sontak serangan hama tikus yang memakan tanaman jagung terjadi  hampir setiap malam. hal ini membuat puluhan hektare tanaman jagung mengalami kerusakan parah hingga gagal panen.

Seperti yang terjadi di Desa Wengkal, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. salah satu Petani jagung mengeluh dan cerita kepada Pewarta88.com, teroran hama tikus benar benar membikin was-was para semua petani jagung di Desanya, “Bukan cuman Desa Wengkal saja, namun di desa tetangga semisal Desa Jintel dan Desa kedungoadang ini juga mengalami senasib seperti kita,” jelas Petani Tersebut, Selasa (24/08/2021)

Ribuan hama tikus itu menyerang benih jagung yang mau di tanam dan merusak tanaman jagung yang akan memasuki masa panen. pumgkasnya kepada wartawan majanews.com 

Sementara itu, Catur Totok Winarko, Kepala Desa (Kades) Wengkal saat di konfirmasi media ini membenarkan bahwa petani sudah 2 tahun resah akibat serangan hama tikus yang merajalela. Dari hasil pendataan luas persawahan sekitar 340 hektar. dari luas persawahan ada kurang lebih 5 Hektar tidak di rawat atau di tanami, alasannya sudah tidak mampu karena baru di tanami sudah di porak porandakan hama tikus.

"Kami pun sudah berupaya untuk mengumpulkan petani guna melakukan penggeropyokan, memakai racun tikus, namun hasilnya tetap kewalahan, kami berharap segera ada tindakan atau upaya dari pihak Dinas Pertanian, untuk bisa membantu menyelesaikan permasalahan hama tikus, kami juga berharap setidaknya ada kepedulian bantuan obat hama guna mengurangi maraknya wabah tikus di desa kami," harap Kades.(m.to)



Baca Juga:

Bebas Melenggang, Puluhan Truk Muatan Tanah Urug Tanpa Terpal Bahayakan Pengguna Jalan



Membahayakan, Akses Jalan Lintasan Rel KA di Dusun Tambakrejo Desa Sambirejo Tanjunganom di Tutup Total