Tingkatkan Daya Saing Digital, Diskominfo Kabupaten Mojokerto Gelar Pelatihan DEA

Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati saat pidato dalam acara pelatihan DEA. Senin (21/3/2022).

MOJOKERTO (Pewarta88.com) - Para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Mojokerto berkesempatan meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan diadakannya pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) Pengelolaan Keuangan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Mojokerto, yang bertempat di hotel Ayola, Kota Mojokerto, Selasa, (21/3/2022).

Dalam pelatihan tersebut, Diskominfo Kabupaten Mojokerto bekerja sama dengan Badan Pengembangan Sumbar Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BPSDMP Kominfo) Surabaya.

Gagasan tersebut diikuti sebanyak 100 peserta dari pelaku UMKM Kabupaten Mojokerto, masing- masing terdiri dari 50 peserta dari UMKM dan 50 peserta dari dari Ibu Rumah Tangga yang mau berwirausaha. Pelatihan tersebut digelar selama dua hari, dimulai Tanggal 21 hingga 22 Maret 2022.

Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati dalam pidatonya, pihaknya bersyukur ada program dari kementerian Kominfo yang dilaksanakan di Kabupaten Mojokerto, menurutnya, DEA pengelolaan keuangan digital ini, bisa meningkatkan skill para UMKM dalam hal penguasaan di dunia digital, sehingga bisa berpengaruh terhadap peningkatan usahanya.

"Mau tidak mau memang sekarang ini pasar digital merupakan salah satu peluang besar yang harus segera kita tangkap yakni merupakan bagian dari upaya pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19, termasuk juga menyesuaikan dengan perubahan pasar yang juga semakin marak penggunaan dari pasar digitalnya," kata Bupati, Senin (21/3/2022).

Lebih lanjut, Untuk menangkap peluang dalam meningkatan kapasitas dan keterampilan penguasaan digital dibidang usaha, Orang nomor satu dilingkup Pemkab Mojokerto ini akan bekerjasama dan membuat MOU dengan Kementerian Kominfo.

Foto bersama: Bupati Ikfina dengan Kepala OPD.

"Kita akan tangkap itu, kita akan luaskan, tidak hanya pada usaha mikro kecil, tetapi juga dibidang-bidang lain, termasuk di bidang pemerintahan, juga di tenaga kerja yang baru, memang semuanya harus kita update skillnya terkait dengan penguasaan teknologi informasi," jelasnya.

Sementara itu, Kepala BPSDMP Kominfo Surabaya Eka Handayani menyampaikan, Digital Talent Scholarship adalah program beasiswa pelatihan talenta digital yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan, keterampilan dan daya saing SDM di bidang teknologi Informasi mendukung transformasi digital dan peningkatan ekonomi digital Indonesia menuju Industri 4.0.

"Dalam program pelatihan ini BPSDMP Kominfo Surabaya sudah bekerjasama dengan berbagai universitas ternama di Indonesia,” jelas dalam kesempatan pidatonya.

Masih Eka Handayani, Untuk Skema program pelatihan ini pihaknya akan menyesuaikan dengan kebutuhan kabupaten Mojokerto.

“Yakni, yang dibutuhkan kali ini adalah pelatihan DEA atau digital kewirausahaan,” terangnya.

Hadir dalam acara, Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati, Kepala BPSDMP Kominfo Surabaya, Kepala Diskominfo Kabupaten Mojokerto Ardi Sepdianto, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Abdullah Muktar dan Kepala Disperindag Kabupaten Mojokerto Iwan Abdilah.(ben/kominfo-adv)


Baca Juga:

Tingkatkan Pelayanan Publik, Pemkab Mojokerto Gelar Sosialisasi INOTEK dan IGA