Desa Cinandang Masuk Nominasi Tiga Lomba Desa dan Kelurahan, Serta Pelaksana Terbaik 10 Program Pokok PKK Tingkat Jatim

Kepala desa Cinandang bersama tim penilai provinsi jatim. 

MOJOKERTO (Pewarta88.com) - Desa Cinandang, Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto masuk nominasi tiga besar Lomba Desa dan Kelurahan, serta Pelaksana Terbaik 10 Program Pokok PKK se-Jawa Timur. Sebagai bentuk apresiasi sekaligus mendorong pencapaian prestasi terbaik, Pemkab Mojokerto bersiap mengucurkan bantuan keuangan untuk desa tersebut.

Rencana pemberian bantuan keuangan (BK) ini disampaikan langsung oleh Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati saat menerima kedatangan Tim Penilai penilai Lomba Desa dan Kelurahan Terbaik di Rumah Dinas Pringgitan, Senin (19/6/2023). Ia mengatakan, BK tersebut sebagai bentuk apresiasi juga reward untuk desa yang berprestasi.

Kedatangan tim penilai lomba desa itu, akan menilai Desa Cinandang, Kecamatan Dawarblandong yang telah berhasil masuk 3 besar. Pada kesempatan itu, Bupati Ikfina juga berharap Desa Cinandang mendapatkan nilai terbaik dalam mengikuti perlombaan Desa dan Kelurahan, serta Lomba Pelaksana Terbaik 10 Program Pokok PKK.

Mudah-mudahan nanti untuk penilaian ini jauh lebih baik daripada penilaian pada saat pelaksana terbaik gotong royong masyarakat tingkat provinsi Jawa Timur,” ungkapnya.

Selain itu, pada pelaksanaannya ada beberapa kategori yang akan dinilai seperti halnya terkait indikator pelaksanaan pemerintahan desa, indikator keuangan, kewenangan desa, dan akuntabilitas desa, indikator administrasi, identitas, dan batas.

Terdapat pula, indikator kinerja, partisipasi masyarakat, kapasitas dan inisiatif, indikator ekonomi, kemiskinan, dan investasi, indikator teknologi informasi dan inovasi, indikator lembaga kemasyarakatan dan adat budaya, indikator PKK, indikator keamanan dan ketertiban, indikator pendidikan, indikator kesehatan, dan indikator tanggap bencana.

Bupati Ikfina juga mengungkapkan, usaha Desa Cinandang dalam meraih beragam prestasi yang tidak lepas dari komitmen Kepala Desa dan TP PKK,  serta terdapat pula dukungan penuh yang diberikan oleh seluruh masyarakat Desa Cinandang.

“Saya melihat semangat Bapak Kepala Desa Cinandang didampingi Ibu Ketua TP PKK Desa Cinandang memang sangat luar biasa. Beliau berdua juga sangat dicintai warganya dan punya komitmen yang mulia untuk memajukan desa,” bebernya.

Sementara itu, Kepala DPMD Provinsi Jawa Timur Budi Sarwoto saat mengenalkan tim penilai, juga sangat mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Mojokerto yang telah berhasil membina desanya untuk meraih prestasi. seperti halnya Desa Cinandang yang akan dinilai hari ini, dan Desa Kesiman yang kemarin mendapatkan penilaian terkait BUMDesa.

“Belum satu bulan kami menilai Lomba Gotong Royong Terbaik Provinsi Jawa Timur 2023 (Jumat,12/5) beberapa waktu lalu di Cinandang. Pagi ini kita akan menilai lagi dua lomba. Ini menandakan Desa Cinandang bukan kaleng-kaleng, karena mendapat pembinaan yang baik dari Pemerintah Kabupaten Mojokerto. Minggu kemarin saya juga baru selesai menilai Desa Kesiman Kec. Trawas dalam lomba BUMDesa yang masuk 5 besar,” pungkasnya.

Sambutan Kepala Desa Cinandang, Agus Siswahyudi S.H mengucapkan selamat datang kepada tim penilai dari propinsi Jawa Timur, dan kami tidak terpikir akan di datangi oleh orang-orang penting ke desa kami ini untuk mendampingi dalam pembangunan di desa kami.

”Mudah-mudahan desa kami bisa menjadi juara 1 dalam mengikuti perlombaan desa dan kelurahan serta serta pelaksana terbaik 10 program pokok PKK propinsi Jawa Timur tahun 2023″ kata Kades Cinandang. Senin (19/6/2023).

Sementara itu, Kepala DPMD Propinsi Jawa Timur Ir Budi Sarwoto yang juga Ketua Tim Penilai, dalam sambutanya mengatakan, apa yang telah dilakukan oleh Kepala Desa Cinandan beserta perangkat dan juga seluruh masyarakat sudah sesuai dengan ketentuan, upaya -upaya penyelengaraan pemerintahan dan juga pelaksana 10 program pokok PKK ini sudah dilaksanakan dengan baik.

Pada kesempatan ini saya ingin menyampaikan, desa Cinandang masuk nominasi Tiga besar tingkat Propinsi lomba Desa dan Kelurahan, Serta Pelaksana Terbaik 10 Program Pokok PKK Propinsi Jawa Timur tahun 2023.

“Apresiasi juga kami sampaikan kepada Pemerintah Kabupaten Mojokerto yang telah membina dan membimbing desa Cinandang ini hingga bisa menjadi desa yang layak di unggulkan dan menjadi contok desa-desa yang lain” tutur Budi

Lebih lanjut Budi Sarwoto menyampaikan, bahwa dalam penilaian ini, kami bersama dengan tim juri lomba desa dan kelurahan serta tim Pelaksana Terbaik 10 Program Pokok PKK untuk melihat potensi keunggulan yang dimiliki oleh desa Cinandang.

“Saya berharap Kepala desa dan perangkatnya, dan juga pengerak PKKnya bisa menunjukan keunggulan yang ada di desa ini, jangan sampai terlewati, sehingga apa yang disampaikan dalam Adminitrasi dan persentasi di DPMD Jatim bisa di nilai oleh tim Juri” lanjutnya.

Dan Lomba desa dan kelurahan,serta Pelaksana Terbaik 10 Program Pokok PKK ini dilakukan secara berjenjang, mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten dan propinsi.

“Setelah di tingkat propinsi lalu ke tingkat nasional. Dan kita berharap apabila desa Cinandang bila di layak oleh tim juri, kita akan mendukung untuk di tingkat selanjutnya” pungkas Budi Sarwoto.

Dra Gadjati heru tjahjono Ketua Tim Penilai Lomba 10 Program PKK Propinsi Jawa Timur dalam sambutany menuturkan, penilaian ini untuk melihat bagaimana implementasi program PKK Desa Cinandang yang menjadi perwakilan Kabupaten Mojokerto.

“Jadi kami datang untuk melihat di lapangan tentang program PKK di Desa Cinandang ini” tutur Ketua Tim Penilai PKK Propinsi Jawa Timur.(Ben/Adv)