Tingkatkan Pelayanan Publik, Pemkab Mojokerto Gelar Sosialisasi INOTEK dan IGA

Ikfina Fahmawati, Bupati Mojokerto. Saat menyampaikan pengembangan INOTEK. senin, (21/3/2022).

MOJOKERTO (Pewarta88.com) - Guna memotivasi dan meningkatkan inovasi dalam pelayanan masyarakat, serta mendorong penerapan good government, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto, Jawa Timur. melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) menggelar Sosialisasi Pengembangan Inovasi Daerah melalui Inovasi Teknologi (INOTEK) Award dan Innovative Government Award (IGA) Tahun 2022, di Pendopo Graha Maja Tama (21/3/2022).

Sosialisasi pengembangan inovasi daerah tersebut dalam rangka pembinaan dan persiapan pelaksanaan Inotek Award dan IGA Award 2022 serta meningkatkan komunikasi dan sinergi antara Pemkab Mojokerto dengan para akademisi, pelaku bisnis dan masyarakat.

Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati mengatakan, kegiatan sosialisasi INOTEK dan IGA ini merupakan amanah dari peraturan perundang-undangan bahwa pemerintah itu harus menciptakan berbagai inovasi, dan melakukan evaluasi dalam bentuk INOTEK Award dan juga IGA yang dilaksanakan oleh KEMENPAN-RB.

"Sebetulnya beberapa ini sudah melakukan banyak inovasi, hanya saja kalau masuk di evaluasi itu ada standar nya yang harus dipenuhi, itu yang disosialisasikan, sehingga teman-teman yang sudah melakukan banyak inovasi itu, supaya dia bisa memenuhi standar sehingga nanti bisa diakui inovasinya," ungkapnya.

Orang nomor satu di lingkup Pemkab Mojokerto ini meminta, para perangkat daerah yang sampai saat ini belum melakukan inovasi, agar segera melakukan inovasi. Menurutnya, untuk menjawab semua permasalahan dan kecepatan terkait pelayanan publik, pasti membutuhkan inovasi.

Hadir dalam acara, Kepala OPD se-Kabupaten Mojokerto, serta Kabid Inovasi dan Teknologi Balitbang Provinsi Jawa Timur

"Ini nanti akan mendorong semua SDM yang terlibat di masing-masing perangkat daerah untuk bisa masuk dalam sistem. Karena inovasi ini bergerak dari masing-masing perangkat daerahnya," terangnya.

Ikfina juga menegaskan, terkait dengan capaian inovasi yang akan dilakukan oleh para perangkat daerah, pihaknya akan terus melakukan monitoring agar Pemkab Mojokerto bisa menjalankan semua kegiatan kebirokrasian dan pelayanan publik yang berinovasi dan berkreasi.

"Mau tidak mau kan memang kita harus bisa monitoring, harapannya nanti juga untuk mensupport Provinsi Jawa Timur karena ini menyangkut tidak hanya wilayah di tingkat dua, tetapi juga ditingkat satu," tegasnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kepala OPD se-Kabupaten Mojokerto, Kabid Inovasi dan Teknologi Balitbang Provinsi Jawa Timur, Perwakilan Rektor Perguruan Tinggi, Ketua Kadin Kabupaten Mojokerto dan Ketua LSM Aliansi Air Kabupaten Mojokerto.(ben/kominfo-adv)


Baca Juga:

Hadiri Ruwatan Bumi di Desa Kembangbelor Pacet, Bupati Mojokerto Ingatkan Pentingnya Menjaga Kelestarian Sumber Air