Galian C Diduga Ilegal di Dusun Sumbersari Sumberkarang Dlanggu Resahkan Warga

Galian C Diduga ilegal Yang Meresahkan Warga Dusun Sumbersari, Desa Sumberkarang, Kecamatan Dlanggu, Kabupaten Mojokerto.

MOJOKERTO (Pewarta88.com) – Adanya galian C di Dusun Sumbersari, Desa Sumberkarang, Kecamatan Dlanggu, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur (Jatim). Membuat resah masyarakat sekitar. Pasalnya, Galian C tersebut telah memutus jalan persawahan milik warga, dan juga menuding telah merusak lingkungan.

Informasi yang diterima media ini, galian C yang ada di Dusun Sumbersari sudah beroperasi kurang lebih 2 tahun, dan luas kurang lebih 1 Hektar, “Di Desa kami ada 2 galian C yang terindikasi ilegal, yang satu sebelah selatan, dan yang satu sebelah utara,” jelas Warga yang enggan disebut nama tersebut, Rabu (28/7/2021).

Masih sumber media ini, galian C yang ada di sebelah utara adalah galian yang terbesar, dan memakan akses jalan persawahan, “dulu pernah kita protes, tapi protes kami tidak pernah dihiraukan oleh sang pemilik galian C,” ungkapnya.

Hal senada juga diamini oleh petani sekitar, itu akses jalan persawahan milik orang tani alias gogol, “jadi dulu sepakat yang mempunyai sawah pas yang ini (sambil menunjuk) sepakat dibuatkan jalan, supaya panen mudah untuk lewat angkut hasilnya. jadi kalau di gali ya tidak boleh,” jelas ML (60) saat ditemui di lolasi persawahan dekat dengan Galian C. Rabu (28/7/2021).

Masih ML, dirinya bersama petani lain sudah tidak berani protes lagi, karena takut ada masalah. Karena yang memiliki usaha galian C tersebut yang ia dengar orang Kuat, “pemilik galian itu yang saya dengar namanya Busono,” ungkapnya.

Pantuan media ini, Galian C yang ada di Dusun Sumbersari tidak ada papan nama seperti galian yang pada umumnya, dan juga tidak ada orang piket dari Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Disayangkan media ini tidak bisa mendapatkan jawaban dengan jelas siapa pemilik yang sah 2 galian disinyalir kuat ilegal, dan resahkan warga tersebut. Karena tim media ini mendatangi Kepala Desa (kades) tidak ada dikantornya. Dan berusaha ke kediaman Kades juga tidak ada, sang istri Kades mengatakan kepada media ini Bapak belum pulang. hingga berita ini ditulis.(ben/tim)


Baca Juga:

Isoman Warga Kota Mojokerto, Ning Ita Selalu Suplai Kebutuhan Obat, Vitamin, dan Makan


Pemdes Bangun Pungging Punya Hutang Puluhan Juta ke Mantan Kades, Warga Berharap Bupati Terjun Ke Desanya