Pungunjung Situs Kumiter Membuat Resah, Warga Tutup Akses Jalan Masuk

Jalan Area Makam Umum Yang di Tutup Warga, Gegara di Lewati Pengunjung Situs.

MOJOKERTO (Pewarta88.com) - Banyaknya warga yang berkunjung ke penemuan situs dekat makam umum di Dusun Bendo Kumitir, Desa Sedati, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur (Jatim) membuat warga setempat melakukan Penutupan akses jalan ke lokasi situs. Pasalnya, pengunjung telah melewati jalan yang bukan semestinya, jalan yang dilewati tersebut adalah makam umum warga setempat.

Guna antisipasi kerusakan area makam umum, warga dengan cepat menutup akses jalan masuk menuju makam dengan menggunakan palang dari bambu, dan bertulisan dilarang masuk selain pejiarah.

Miskan (62) menuturkan kepada pewarta88.com, adanya pengunjung yang membawa sepedeh masuk ke area makam, tidak satu dua, tetapi puluhan, “pengunjung bulan kemarin berbendong-bondong sepadahnya dibawa masuk melewati area makam menuju ke situs, yaitu orang-orang goes itu pak,” keluhnya, sabtu (17/4/2021).

Masih Miskan, dirinya berharap kepala Desa secepatnya membuatkan jalan yang arah ke situs yang sudah disepakati, “Semua yang bertanggung jawab adalah kepala desa, kan ada dana yang masuk buat jalan. Setahu saya 35 juta,” jelasnya.

Kepala Desa Kumtir Desa Sedati, Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto Khoirun mengatakan, warga memang tidak memperbolehkan makam umum untuk dibuat jalan, baik pengunjung maupun pekerja situs. 

"Desa akan membuatkan jalan akses ke situs di tanah Tanah Kas Desa (TKD) yang posisinya sebelah selatan makam umum," jelas Khoirun, saat dikonfirmasi tim media ini melalui Aplikasi WhatsApp (WA), Sabtu (17/4/2021).

Disinggung terkait kompensasi, Kades menjelaskan kalau kompensasi masuk rekening kas Desa, maunya diminta oleh warga dusun.

"Rencananya dengan kebijakan, kami menunggu ada perubahan untuk membangun pagar makam umum Dusun Bendo," tambahnya.

Lebih lanjut dikatakan Kades, besaran kompensasi periode Tahun 2020, berkisar Rp 30 jutaan.

"Untuk Tahun 2021, kami belum tau persis, informasinya sudah masuk rekening," pungkas Khoirun.

Perlu diketahui, informasi yang masuk ke pewarta88.com, penutupan akses jalan masuk makam, disinyalir adanya dugaan kompensasi yang belum diberikan ke warga. Bagaimana tanggapan Kepala Desa Kumitir Desa Sedati, Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto. Ikuti pemberitaan selanjutnya.(tel/tim)


Baca Juga: