Oknum Pelaku Dugaan Pungli PTSL Desa Bicak Kecamatan Trowulan, Ternyata Orang Tua Kades

Yunita Dwi Ratnasari, Kepala Desa Bicak, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jatim. Diketahui Anak Sugiyat, Ketua Panitia PTSL Wilayah Desa Setempat.

MOJOKERTO (Pewarta88.com) – Dugaan Pungutan Liar (Pungli) berkedok Pendaftaran Tanah Sistimatis Lengkap (PTSL) yang terjadi di wilayah Desa Bicak, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur (Jatim), Indonesia, Terus bergulir jadi topik negatif dikalangan masyarakat Mojokerto. Pasalnya, munculnya nama Ketua Panitia kegiatan tersebut masih orang tua Kepala Desa setempat.

Informasi yang di gali media ini menjelaskan, Ketua PTSL wilayah Desa Bicaķ, diketahui bernama Sugiyat adalah orang tua (bapak) Yunita Dwi Ratnasari. Nita panggilan akrabnya, ia mempunyai jabatan tertinggi di Pemerintahan Desa Bicak, Kecamatan Trowulan teŕsebut. Jabatanya adalah Kepala Desa.

“Iya benar, mbak nita itu anak Pak Sugiyat, ia Kepala Desa Bicak,” jelas Hartono alias Gundul saat dihubungi media ini via telepon, dirinya juga warga setempat, Minggu (14/3/2021).

Masih Gundul, sapaan akrabnya, amanah menjadi Ketua PTSL memang berat, tetapi bila dekat dengan orang pemerintahan Desa rentan terjadi dugaan dugaan untuk mencari keuntungan pribadi.

“Apalagi kedekatan kepala Desa dengan Ketua Panitia PTSL anak dan bapak seperti yang anda jelaskan, malah bahaya ini, kita wajib pantau terus kinerja Panitia itu,” sambung ketua Forum Wartawan Jakarta (FWJ) Korwil Kabupaten Mojokerto tersebut kepada tim media ini.

Sebelumnya, tim media ini memastikan bahwa Kades Bicak adalah anak kandung dari Sugiyat selaku Ketua PTSL wilayah Desa Bicak.

“Soal Anak yang ke berapa saya kurang faham, yang jelas Bu Lurah ya anaknya Pak Sugiyat. Untuk ketua PTSL nya tahun 2020 memang bukan Pak Sugiyat, tapi untuk tahun ini iya betul Pak Sugiyat Ketuanya, soalnya saya ndak ikut rapat pada saat itu,” jelas Kepala Dusun (kasun) setempat, dan nama wajib dirahasiankan, saat dihubungi via telepon pribadinya oleh tim media ini, Sabtu (13/3/2021) malam.

Hartono Alias Gundul, ketua Forum Wartawan Jakarta (FWJ) Korwil Kabupaten Mojokerto, Jatim.

Terpisah, Khoirul warga asli Desa bicak di hubungi tim media ini via Whattsapp (WA) untuk mencari info kebenaran bahwa orang tua Kades Bicak adalah Sugiyat, “Iya Cak, Bapaknya Bu Lurah Pak Sugiyat, dia pansiunan TNI,” tulis Khoirul balasan WA, Sabtu (13/3/2021) malam.

Ironisnya, Ketua Panitia PTSL Desa Bicak tersebut saat memberikan hak jawab kepada media ini, bahwa Kades Bicak tidak di akui sebagai anaknya.

“Siapa yang ngomong, ini ada lagi, nambai nambai masalah lagi,” Jelas Sugiyat saat menghubungi tim media, Sabtu (13/3/2021) siang.

Lebih lanjut, Ketua Panitia PTSL tersebut mempertanyakan ke media ini tentang hubungan dengan Kades adalah anaknya, dirinya ingin tau siapa yang bilang tentang itu, media ini menjawab informasi dari Kepala Dusun setempat dengan tidak menyebut nama.

“Siapa namae kasun, laiki, rahasia maneh, ini namanya adu domba kasun ini. Wah iki dalam bahasa inteljen penyesatan iki,” pungkas Sugiyat.

Perwakilan Tim media ini mengkonfirmasi kepada Kades Bicak, Yunita Dwi Ratnasari tentang hubungan dengan Sugiat, Selaku Ketua PTSL Desa Bicak, Kecamatan Trowulan tersebut, via WA pribadinya sebagai berikut, Mohon ijin Bu lurah, konfirmasi tambhan, Pak Sugiyat ketua panitia PTSL. Apa benar orang tua Bu Lurah, tetapi tidak ada balasan, Minggu (14/3/2021).

Sebelumnya media ini mengabarkan berita tentang Keluhan Warga Desa Bicak, dengan Judul Warga Mengeluh Adanya Dugaan Pungli PTSL Desa Bicak, Kecamatan Trowulan. Hal tersebut tanggapan Ketua PTSL terdengar dalam telepon Memberikan klarifikasi sangat arogan kepada tim media ini. Ikuti lanjutan berita pewarta88.com.(ben/tim)


Baca Juga:

Keysa Cahaya Ramadhani Ingin Mengikuti Jejak Lesti Kejora

_______________________

Warga Mengeluh Adanya Dugaan Pungli PTSL Wilayah Desa Bicak Trowulan, Begini Tanggapan Ketua Panitia


_______________________

ZD Kasun Kedawung Bicak, Diduga Pungli Dana BLT Covid-19