HUT RI Ke-78: Jaran Kepang “Garudo Seto” Dihadirkan LSM GAKK Hibur Warga Putukrejo Loceret Nganjuk

LSM Garda Anti Korupsi dan Ketidakadilan (GAKK) DPD Nganjuk mempersembahkan hiburan kesenian jaranan kuda lumping "Garudo Seto". Berlangsung di Desa Putukrejo, Kecamatan Loceret, Kabupaten Nganjuk. Pada Minggu (3/9/2023).

NGANJUK (Pewarta88.com) – Dalam rangka memeriahkan Dirgahayu RI Ke 78, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Garda Anti Korupsi dan Ketidakadilan (GAKK) DPD Nganjuk mempersembahkan hiburan kesenian jaranan kuda lumping "Garudo Seto". Berlangsung di Desa Putukrejo, Kecamatan Loceret, Kabupaten Nganjuk. Pada Minggu (3/9/2023).

Dalam acara berlangsung, kesenian jaran kepang "Garudo Seto" yang di hadirkan dari wilayah Kecamatan Wilangan Kabupaten Nganjuk tersebut tentunya sangat meriah. Terlihat ratusan penonton terhipnotis dengan gaya kesenian jaranan kuno membuat tegang para penonton.

Gaya jaranan yang diterapkan, yakni. selsin cadas, keras dan energic, juga menampilkan adegan atraksi yang membuat menarik daya penonton terpukau.

Sumarno, selaku nahkoda LSM GAKK mengucapkan terima kasih atas apa yang di niatkan sudah terlaksana dengan baik, yakni gelar hiburan tradisional jaran kepang “Garudo Seto”.

“Kami juga mengucapkan terima kasih banyak atas dukungan dari semua pihak, kepada Kepolisian Sektor Loceret, Kepala Desa Putukrejo loceret, LSM MAPAK,LSM GMBI, dan rekan rekan jurnalis yang sudah hadir dan mendukung kami,” ucapnya. Minggu (3/9/2023).

Masih dikatakan, tidak lupa juga kami ucapkan terima kasih banyak buat keluarga besar jaranan “Garudo Seto” yang sudah menampilkan permainan kesenian jaranan dengan sempurna.

“Masyarakat desa kami sangat terhibur, dan tentunya kami akan agendakan seperti ini di kemudian hari, insya allah pasti akan kami hadirkan kembali kesenian jaranan garudo seto," ungkapnya.

Di tempat yang sama, Sugito Kepala Desa (Kades) Putukrejo Kecamatan Loceret, Nganjuk memberikan pidato di tengah masyarakat, dengan semangat ia ucapkan selamat Dirgahayu RI Ke 78.

“Alkhamdulilah saya bangga kepada warga desa putukrejo yang selalu guyub rukun, setelah kemarin Sabtu 2 September 2023 kita sudah menggelar karnaval desa, hari ini kita di suguhi hiburan kuda kepang,” ucap Kades didepan ratusan warga juga tamu undangan.

Orang nomor satu di Desa Putukrejo juga menyampaikan bahwa secara pribadi dirinya bangga dan mendukung bahwa di Desanya berdiri Seketariat LSM GAKK.

“Apalagi Ketua LSM GAKK juga asli warga kami sendiri, kita bisa saling suport dan saling mendukung satu sama yang lain," pungkas kepala desa,(nyoto/tim)