Sambang Disabilitas, Aktivis AWG Temukan Rutilahu di Desa Gempol-Rejoso Nganjuk

Kepala Desa,Gempol Kecamatan,Rejoso dan Moch.Ridwan Aktivis AWG Kunjungi Warga Disabilitas dan Rumah Tak Layak Huni

NGANJUK (Pewarta88.com) - Di sela-sela giat melakukan kinerja sebagai profesi control sosial berupa peduli kemanusiaan, Moch.Ridwan aktivis Aliansi Wong Gawat (AWG) menemukan adanya rumah tidak layak huni (Rutilahu) milik Wakidi warga Dusun Gempol Desa Gempol, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Nganjuk. Senin (12/6/2023).

Dalam giat sosial, AWG menilai bahwa Rutilahu milik Wakidi memerlukan perhatian dan bantuan khusus secara materil dari Pemerintah Desa maupun Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemdakab) Nganjuk.

Moch Ridwan, salah satu aktivis dari AWG mengatakan bahwa tujuan kedatangan saya di salah satu warga Desa Gempol, Kecamatan Rejoso merupakan adanya aduan dari rekannya tentang keberadaan Andik salah satu warga Desa Gempol Rejoso terkena disabilitas dan mempunyai kekurangan atas hidupnya.

“Namun setelah kami berkunjung kami terkejut. selain adanya keterbelakangan visik dan mental ternyata rumah yang di huni oleh Wakidi orang tua dari andik jauh di katakan layak alias tak layak huni,” jelasnya kepada media iji. Senin (12/6/2023).

Masih dikatakannya, rumahnya sangat memprihatinkan dan mengkhawatirkan. jika terjadi hujan lebat bisa -bisa atap rumah ambruk roboh, setelah melihat masuk ke dalam rumah Wakidi.

Rumah Tak Layak Huni Milik Wakidi Warga Dusum,Gempol Desa,Gempol Kecamatan ,Rejoso Nganjuk Jawa Timur

Selain melakukan pengecekan terhadap rumah tersebut, Aktivis AWG juga memberikan bantuan berupa paket Sembako. Aktivis AWG juga langsung ber gegas mendatangi kantor Desa Gempol untuk koordinasi kepada pihak Kades.

“Agar pemerintah desa dan pemerintah daerah segera bersinergitas berupaya untuk bisa melakukan bedah rumah milik wakidi dari rumah tak layak huni menjadi rumah layak huni,” tegasnya.

Dengan adanya hal itu, Budi Setyono S,E Kepala Desa Gempol langsung bergegas dengan di dampingi perangkat Desa untuk berkunjung dan meninjau rumah tak layak huni mikik wakidi, menurut Kepala bahwa ia baru menjadi kepala desa di gempol yang di lantik pada bulan kemarin 2023.

“Sebelum kami menjadi kepala desa kami juga sudah mempunyai program yang tak lain adalah bedah rumah dan mengentaskan kemiskinan. mudah mudahan program bedah rumah bisa terwujud dan bisa terealisasi dengan baik. kami akan berusaha bersinergitas baik pemerintahan desa dan pemerintahan daerah salah satunya mengentaskan kemiskinan," ungkap kepala desa, gempol.(m.nyot)