Tingkatkan Mutu Pendidikan, Disdik Kab.Mojokerto Berhasil Bangun 2 Gedung Sekolah Baru TK Negeri Pembina Yang Diresmikan Bupati

Bupati Ikfina saat teken batu peresmian TK Negeri Pembina, Selasa (27/12/2022).

MOJOKERTO (Pewarta88.com) - Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati meresmikan 2 unit sekolah baru yaitu TK Negeri Pembina 1 Mojosari dan TK Negeri Pembina 1 Dawarblandong. Peresmian 2 Sekolah baru anak usia dini itu dilakukan untuk pemerataan dan peningkatan mutu pendidikan di wilayah Kabupaten Mojokerto.

Peresmian unit sekolah baru itu dipusatkan di halaman TK Negeri Pembina 1 Mojosari, Desa Menanggal, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto, Selasa (27/12/2022).

Peresmian sekolah baru untuk anak usia dini itu ditandai dengan penandatanganan prasasti pembangunan unit sekolah baru TK Negeri Pembina 1 Mojosari dan TK Negeri Pembina 1 Dawarblandong oleh Bupati Ikfina.

Kedatangan Bupati bersama rombongan disambut tari-tarian yang dipersembahkan siswa-siswi TK Negeri Pembina 1 Mojosari.

Ardi Sepdianto, Kepala Dinas Pendidikan (Kadis Disdik) Kabupaten Mojokerto, dalam sambutan peresmian 2 gedung baru TKNP. Jln. Tribuana Tunggadewi No. 5 Menanggal, Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto, Selasa (27/12/2022).

Kepala Dinas Pendidikan (Kadispendik) Kabupaten Mojokerto, Ardi Sepdianto dalam laporannya mengatakan, Dasar pelaksanaan Pembangunan Unit Sekolah Baru TK Negeri Pembina 1 Mojosari dan TK Negeri Pembina 1 Dawarblandong adalah.

1. Keputusan Mentri Pendidikan Nasional (Kemendiknas) No. 60/C/2022 Tentang Pedoman Pendirian Sekolah.

2. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No.36 Tahun 2014, Tentang Pedoman Pendirian dan Penutupan Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

3. Petunjuk Pelaksanaan Pedoman Pembangunan Sekolah / Madrasah dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktur Jenderal (Dirjen) Cipta Karya.

Bupati Ikfina, dalam sambutan peresmian 2 gedung baru TK Negeri Pembina.

"Adapun tujuan pembangunan sekolah tersebut adalah dalam rangka pemerataan dan peningkatan mutu pendidikan sekolah di wilayah Kabupaten Mojokerto, yang tentu muaranya adalah peningkatan pelayanan mutu pendidikan di Kabupaten Mojokerto," dalam pidato Ardi, di hadapan Bupati dan rombongan serta Kasek dan Guru TK Negeri Prmbina 1 Mojosari serta walimurid.

Lebih lanjut, peresmian Pembangunan Unit Sekolah Baru ini memang dipusatkan di Menanggal Kecamatan Mojosari, yang meliputi TK Negeri Pembina 1 Mojosari dan TK Negeri Pembina 1 Dawarblandong. Hasil yang diharapkan dari dua pembangunan sekolah ini adalah akan dapat menyediakan fasilitas infrastruktur sarana dan prasarana pendidikan sekolah yang memadai bagi anak didik.

"Dengan sarana dan prasarana yang memadai, diharapkan bisa berkontribusi dalam penurunan Stunting di wilayah Kabupaten Mojokerto. Sumber dana pembangunan tersebut berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2022," jelas Ardi yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Mojokerto.

Adi Mahendarto Kepala Bidang (Kabid) Sarana dan Prasarana (Sarpras) Sekolah Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto.

Masih kata Ardi, Panggilan akrab Kadispendik, dirinya berharap Bupati memberikan sambutan, pengarahan peresmian untuk membuka secara resmi pelaksanaan peresmian TK Negeri Pembina 1 Mojosari dan TK Negeri Pembina 1 Dawarblandong dengan menggunting pita serta mengecek hasil pembangunan TK Negeri Pembina yang baru.

Dalam sambutan Bupati Ikfina mengatakan, pembangunan gedung untuk TK Negeri Pembina ini sudah selesai dilaksanakan. Ia berharap kedepannya bagaimana gedung ini bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin dan dirawat. Ia menyebut pengelolaan sekolah ini tidak cukup diserahkan hanya kepada kepala sekolah maupun guru-gurunya.

Tetapi para komite sekolah dan orang tua murid juga diharapkan bisa berkontribusi dalam menjaga dan merawat serta memikirkan bersama sama agar anak-anak ini merasa bahagia dan gembira ketika mereka berada di sekolahnya," ujarnya.

Ikfina juga mengajak para guru dan orang tua untuk cermat melihat potensi anak-anaknya. Menurutnya setiap anak mempunyai ciri khas masing-masing dan akan hebat sesuai bakat minatnya.

"Tugas orang tua dan para guru adalah untuk memberikan kesempatan dan mendorong anak-anak agar semakin mengembangkan bakatnya dengan baik. Sehingga mereka akan menjadi orang-orang hebat pada masanya," ucapnya.

Orang nomor satu dilingkup Pemkab Mojokerto itu menambahkan, untuk menumbuhkan dan mengembangkan minat bakat anak secara maksimal, dibutuhkan guru-guru yang berkualitas. Menurut Ikfina, seorang guru akan bisa bertanggung jawab kepada muridnya kalau guru tersebut mempunyai rasa peduli.

"Jadi tidak hanya mengajar, kemudian menggugurkan kewajiban, tetapi mengajar adalah bagaimana membuat muridnya dengan segala kekurangannya ini menjadi anak yang berpendidikan. Dan bisa menjadi seseorang yang penuh semangat dan berdedikasi sesuai ajaran dari gurunya," imbuhnya.

Ikfina juga mengajak para orang tua dan guru untuk bersama-sama berproses dalam memberikan pendidikan yang terbaik untuk anak. Hal itu lantaran guru dan orang tua mempunyai kewajiban untuk menyiapkan anak-anaknya untuk masa depan.

"Terima Kasih kepada semua pihak yang sudah berperan serta berkontribusi dalam penyelesaian 2 unit sekolah baru ini. Saya juga meminta semuanya untuk bahu membahu menjaga kebersihan dan keawetan dari semua yang ada di bangunan yang baru ini, baik dari sisi gedungnya maupun sisi peralatannya," pungkasnya.

Ditemui usai peresmian TK Negeri Pembina, Adi Mahendarto Kepala Bidang (Kabid) Sarana dan Prasarana (Sarpras) Sekolah Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto mengatakan, ke depan pembangunan unit sekolah TK.Negeri Pembina baru, akan kami sesuaikan dengan desain, yang sangat memengaruhi mental anak.

"Jadi bentuknya konvensional, seperti di Dawarblandong. Dengan harapan antusias masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di TKN Pembina. Anak-anak jadi senang, Gurunya juga ikut senang dan masyarakat punya rasa memiliki," tegas Adi panggilan akrab pejabat Sarpras tersebut.

Perlu di informasikan, Peresmian 2 Sekolah TK Negeri baru ini dihadiri Asisten Administrasi Umum, Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto, Kepala DPRKP2, Kepala PUPR, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Dinas Kesehatan, Plt DP2KBP2, Kasatpol PP, Perwakilan Bappeda, Kepala Bagian Administrasi Pembangunan, Forkopimca Mojosari, Forkopimca Dawarblandong, Ketua Dewan Pendidikan, Kepala Desa Menanggal, Kepala Desa Brayublandong, Kepala Sekolah TKN Pembina Dawarblandong dan Mojosari.(ben/adv)


Baca Juga:

Kecelakaan Kereta Api Tabrak Mobil di Ngawi, Kapolda Jatim : Kita Akan Evaluasi Siapa Yang Akan Bertanggung Jawab