Imbas Wabah PMK, Harga Daging Sapi dan Kambing di Pasar Warujayeng Nganjuk Mulai Menurun

Lapak penjual daging sapi dan kambing di Pasar Warujayeng Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk, tampak sepi pembeli, Minggu (5/6/2022).

NGANJUK (Pewarta88.com) – Munculnya wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di sejumlah wilayah baru baru ini membuat pedagang hewan khususnya sapi mengalami kerugian yang sangat besar, kali ini, wabah tersebut sudah masuk di Kabupaten Nganjuk. Hal itu terlihat harga jual daging sapi dan kambing di lapak pasar Warujayeng Kecamatan Tanjunganom, Kabupaten Nganjuk mulai tampak penurunan harga.

Penelusuran pewarta88.com di Pasar Warujayeng terlihat para pedagang daging sapi dan kambing berjajar sepi dari pembeli, namun tidak menyurutkan semangat mereka dengan tetap membuka lapak mereka. Para pedagang tetap bersabar menunggu para pelanggannya walaupun kondisi dan situasi pembeli tampak melenggang.

Sumarni (47), salah satu penjual daging di pasar warujayeng saat di temui media ini mengatakan, penurunan harga jual daging sapi maupun kambing itu terjadi sejak adanya wabah PMK terjadi dimana mana. Meskipun harga jual daging menurun para pembeli daging di pasar juga ikut-ikutan menurun.

Baca Juga: Pemdes Sidoharjo Nganjuk Bangun Irigrasi Program P3TGAI Dari APBN 2022, Petani :  Sangat Bermanfaat

Masih Sumarni, sebelum muncul wabah PMK ia menjual harga daging kambing Rp 135 ribu – Rp 130 ribu perkilo gram. Dalam sepekan terakhir turun menjadi Rp 120 ribu – Rp 110 ribu per kilogram.

“Selain itu pembeli daging di pasar-pasar sampai saat ini juga ikut menurun, bahkan penurunan pembeli daging mencapai sekitar 30 sampai 40 persen,” keluhnya kepada kuli tinta media ini, Minggu (5/6/2022).

Perlu diketahui, kondisi berbeda terjadi pada harga daging sapi. Penurunan harga daging sapi bahkan bisa dinilai cukup tinggi. Sebelum adanya wabah PMK harga jual di pasaran mencapai Rp.140 – Rp 130 perkilo gram. Semenjak munculnya wabah PMK sesuai hasil investigasi media ini di lapangan, saat ini harga jual daging sapi hanya di kisaran Rp. 110 ribu. Kondisi ini terjadi seperti halnya di Pasar Warujayeng.(m.to)


Baca Juga:

Terjadi Longsor Bahu Jalan di Dusun Sonoanggan dan Dusun Mojosari Ngepeh Butuh Perhatian Pemda Nganjuk


Streaming