22 Maret Mojotirto Festival, Tari Budoyo dan Permainan Tradisional Akan Digelar

MOJOKERTO (Pewarta88.com) - Memperingati hari air sedunia pada 22 Maret 2022 Pemerintah Kota Mojokerto kembali menggelar Mojotirto Festival. Sebagaimana tahun sebelumnya Mojotirto Festival akan digelar bantaran Sungai Ngotok, tepatnya dibawah Jembatan Rejoto.

Kepala Dinas Kominfo Santi Ratnaning Tias menyampaikan bahwa festival bertajuk Umbul Dungo Mojotirto akan dilaksanakan sesuai protokol kesehatan, meskipun saat ini kasus covid-19 di Kota Mojokerto sudah melandai.

“Bahwa ada serangkaian acara yang akan digelar dalam Mojotirto Festival ini, nanti akan ada kirab budaya kirab yang terdiri dari penari putri kusumo, prajurit bregodo dan prajurit masyarakat,” jelas nahkoda baru ini Diskominfo Kota Mojokerto, Kamis (17/3/2022).

Lebih lanjut, bahwa pada festival 22 Maret mendatang juga akan ditampilkan hiburan seperti tari bedoyo, permainan tradisional, liang liong ikan serta tari jurit sandi.

"Sebagai bentuk rasa syukur terhadap karunia Tuhan Yang Maha Esa, dalam festival ini juga akan dilakukan penyebaran benih ikan untuk pelestarian alam," lanjutnya.

Ditambahkan oleh Santi bahwa untuk kenyamanan pelaksanaan Mojotirto Festival, DLH Kota Mojokerto akan menyediakan toilet mobile serta akan disediakan 2 unit mobil ambulance serta tenaga medis dan paramedis.

"Mojotirto Festival juga akan disemarakkan dengan pameran dari UMKM binaan DiskopUKMperindag Kota Mojokerto, UMKM akan menyajikan jajanan tradisional di stand-stand yang dihias nuansa Majapahit," pungkasnya.

Perlu di sampaikan, Pada hari yang sama dengan pelaksanaan Mojotirto Festival, Pemerintah Kota Mojokerto juga akan melakukan Grand Launching MPP Gajah Mada yang rencanya akan dilakukan oleh Menteri PAN RB Tjahjo Kumolo.(ben/adv)


Baca Juga:

Jelang Grand Launching MPP, DPMPTSP Kota Mojokerto Penuhi Rekom Asdep