Wartawan Dibunuh, Seprofesi Gelar Aksi Belasungkawa Datangi Polda Jatim

Puluhan Pekerja Pers Gelar Aksi Belasungkawa Seprofesi, Berlangsung di Depan Kantor Polisi Daerah (Polda) Jawa Timur, jumat (25/6/2021).

SURABAYA (Pewarta88.com) - Gabungan solidaritas Jurnalis Surabaya gelar aksi di Mapolda Jatim Untuk Menyampaikan rasa belasungkawa terhadap kejadian pembunuhan yang menimpa Marsal Harahap rekan jurnalis dari Sumatra Utara.

Berlangsungnya aksi, Perwakilan dari beberapa media ini tetap menjalankan Prokes demi terjaganya penularan wabah virus corono-19, sehingga yang hadir dalam aksi belasungkawa ini terkesan sedikit. Namun, meskipun tak semuanya hadir para rekan seprofesi di bidang jurnalis tersebut masih tetap mengalir deras dukungan terhadap upaya pengungkapan Kasus Pembunuhan korban saudara Marasalem Harahap agar dapat di Usut Tuntas.

Kasus pembunuhan Marasalem Harahap, jurnalis sekaligus Pemimpin Redaksi salah satu media lokal di Sumatera Utara tewas setelah ditembak orang tak dikenal pada Sabtu dini hari, 19 Juni 2021. Marasalem ditemukan warga sekitar 300 meter dari rumahnya di Huta VII, Pasar III Nagori Karang Anyer, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara sekitar 15 kilometer dari Pematang Siantar, pada pukul 01.05 WIB masih menjadi misteri.

Gabungan Jurnalis yang terdiri dari beberapa element di Surabaya, antara lain PD MIO Surabaya, KWRI serta beberapa lembaga lainnya melakukan Gerakan Aksi solidaritas di depan Kepolisian Mapolda Jawa Timur, Indonesia.

Perwakilan Rekan Jurnalis diterima Oleh Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Gatot Repli Handoko di gedung SPKT Polda Jatim, jumat (25/6/2021).

Aksi yang dilakukan oleh rekan jurnalis ini hanyalah mendorong Polda Jawa Timur untuk mendukung pihak Kepolisian Polda Sumatra dalam mengungkap kasus pembunuhan terhadap jurnalis di Sumatra Utara Tersebut.

"Intinya dari kami merupakan gerakan solidaritas yang menyerukan mengusut tuntas kasus pembunuhan rekan kami se profesi Jurnalis yang ada di Sumatra Utara," kata Slamet selaku Korlap Aksi, Jum'at (25/6/2021).

Perwakilan delegasi sepuluh (10) aksi massa kuli tinta Jawa Timur, telah diterima Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Gatot Repli Handoko di gedung SPKT.

"Kami menerima aspirasi dari rekan rekan media, apa yang menjadi tuntutannya kami akan terima dan akan kami kirimkan ke Polda Sumatra Utara. Apapun hasilnya, kewenangan ada di wilayah Sumatra Utara, jadi pastinya Kepolisian masih menyelidiki bukti-bukti yang kuat, biar tidak salah langkah dalam mengambil keputusan," kata Humas krop baju coklat tersebut.

Pampang Poster Gelar Aksi Belasungkawa Seprofesi Berlangsung di Depan Kantor Polisi Daerah (Polda) Jawa Timur.

Selain itu, Nurdin Longgari Pengurus Pusat DPP MIO turut mengapresiasi adanya tanggapan dari pihak Polda Jawa Timur. Yang mana telah menerima rekan-rekan dengan baik. Usulan-usulan juga disampaikan oleh aksi kuli tinta tersebut. Nurdin juga menyampaikan, bahwa dirinya beserta seluruh jajaran Media Independent Online (MIO) berharap agar kepolisian memberikan ganjaran yang setimpal kepada pelaku.

"Mereka para pelaku harusnya di beri ganjaran yang setimpal. Kami berharap agar pelaku yang telah membunuh rekan kami dapat di hukum mati nantinya,” Tegas Nurdin.

Dirinya juga mengimbau kepada seluruh pihak untuk bisa menghargai kerja-kerja jurnalistik dan menghormati kebebasan pers di Indonesia. Untuk diketahui, dalam menjalankan tugasnya, jurnalis dilindungi oleh Pasal 8 Undang-undang Pers Nomor 40 Tahun 1999.

Masih Nurdin, Pada prinsipnya adalah menghormati kebebasan Pers, apabila ada pihak yang merasa tidak puas atau merasa dirugikan akibat pemberitaan, hendaknya bisa menggunakan hak jawab dan koreksi. Aturan tersebut sudah tercantum dalam Pasal 1 poin 11 Undang-Undang No 40 tahun 1999 yang berbunyi “Hak jawab adalah hak seseorang atau kelompok untuk memberikan tanggapan atau sanggahan terhadap pemberitaan berita fakta yang merugikan nama baiknya".

Usai gelar aksi para jurnalis yang tergabung dalam misi belasungkawa ini masih berkordinasi dengan pihak Polda Jatim dan tetap memonitor hasil dan perkembangan kasus ini.(Tim MIO)


Baca Juga:

DPP Pekerja Pers MIO Indonesia Minta Polri tangkap pelaku penembakan Wartawan di Pematang Siantar



MIO Indonesia Layak Jadi Kontituen Dewan Pers