Klenteng Hiap Thian Kion di Mojosari Mojokerto Dilalap Sijago Merah

Klenteng di simpang 3 Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto. Minggu (7/5/2023) sekira pukul 13:00 WIB.

MOJOKERTO (Pewarta88.comSijago merah telah melalap Klenteng Hiap Thian Kion, yang ada di simpang 3 Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto. Minggu (7/5/2023) sekira pukul 13:00 WIB.

Pantuan majanews.com, terlihat api berkobar hebat di dalam Klenteng Hiap Thian Kion. Asap hitam terus mengepul dari titik kebakaran. Ada 5 mobil pemadam kebakaran (PMK) berada di lokasi untuk memadamkan api.

Anggota personel BPBD Jatim Wawan mengatakan, kebakaran sekitar pukul 13.00 WIB.

"Sampai saat ini (Pukul 13.44 WIB) masih proses pemadaman," kata Wawan kepada wartawan, Minggu (7/5/2023).

Lokasi Klenteng Hiap Thian Kion di kawasan padat bangunan menimbulkan kepanikan warga sekitar. Sebab api dikhawatirkan menjalar ke bangunan lainnya. Petugas PMK masih berjibaku memadamkan api.

"Jumlah mobil PMK yang sudah datang ada 5 unit," terang Wawan kepada media.

Akibat kejadian, arus lalu lintas dari arah Pungging ke Mojosari dialihkan sementara. Sehingga tidak ada kendaraan yang melintas di area dekat kebakaran. Karena lokasi klenteng tersebut sangat dekat dengan jalan raya.

Saat pewarta88.com dilokasi, Suara letusan bertubi-tubi datang dari dalam klenteng yang terbakar juga terdengar.

Suro Santoso, diketahui sebagai penanggung jawab klenteng menjelaskan, sebelum kebakaran, klenteng baru saja dipakai ibadah umat. Prosesi itu berlangsung pukul 09.00. Setelahnya, klenteng ditinggal tanpa satu orang pun penjaga. “Karena libur jadi tidak ada yang jaga,” ucapnya di lokasi kepada wartawan.

Mengetahui hal itu, Dirinya langsung meluncur ke lokasi klenteng yang diperkirakan sudah berdiri sejak 1897 itu terbakar.

Masih dikatakannya, sebelum ditinggalkan, klenteng dalam kondisi baik-baik saja. Ruangan yang terbakar merupakan tempat ibadah.

Lebih lanjut, terdapat beberapa barang yang mudah terbakar antara lain lilin. “Pas ditinggal lilinya menyala, mungkin dari sana pemicunya. Tapi kita tunggu saja penyelidikan pihak berwenang,” ungkapnya.

Sementara itu, tim identifikasi Satreskrim Polres Mojokerto telah tiba di lokasi untuk melakukan olah TKP. Area kebakaran langsung dipasang garis polisi untuk proses penyelidikan.

Dari kejadian naas Klenteng Hiap Thian Kion yang ada di mojosari tersebut pewarta88.com belum mendapatkan keterangan resminya. Ikuti lanjutan berita menarik lainnya hanya di majanews.com.(ben/tim)