GAKK Kritik Minim Fasilitas Kepentingan Umum di Taman Nyawiji Kota Nganjuk, Kadis DLH Mengamini

Sorot Camera: Minimnya Fasilitas Umum di Taman Kota Nyawiji Untuk Kepentingan Pengunjung

NGANJUK (Pewarta88.com) - Keberadaan taman Nyawiji (Taman Kota) Nganjuk yang selesai di kerjakan pada tahun 2022 lalu dengan menelan anggaran Milyaran telah mendapat saran dan kritikan keras dari Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Garda Anti Korupsi dan Ketidakadilan (GAKK) DPD Nganjuk.

Taman yang di gadang-gadang oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Nganjuk telah diresmikan Plt Bupati Nganjuk Marhen Djumadi tidak semewah apa yang dibayangkan.

Hal itu dituturkan Sunyoto, anggota LSM GAKK yang membidangi di bagian pemerintahan, dirinya menilai masih banyak kekurangan di menu fasilitas kepentingan umum.

“Ini yang perlu di bangun dan di anggarkan lagi, kalau menurut saya dalam pembangunan tidak menerapkan tata kelola yang terlebih dahulu di rencanakan,” kata LSM tersebut kepada awak media ini. Selasa (11/4/2023).

Kendati demikian, ini artinya terkesan terburu buru asal bangun dan asal jadi. apalagi pengerjaan taman kota atau taman nyawiji itu pun dalam penganggaran juga digelontor dua kali anggaran.

“Dari APBD maupun Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau Hasil Tembakau (DBHCTHT) dengan menelan dana milyaran rupiah,” papar Sunyoto.

Lanjut Sunyoto, kekurangan tersebut meliputi tidak adanya kamar mandi, toilet dan tempat sampah. padahal itu sangat penting untuk di butuhkan para pengunjung yang menikmati indahnya suasana taman Nyawiji.

“Apalagi belum tertatanya tempat parkir sepeda maupun roda empat, ini terkesan masih amburadul dan perlu penataan pelengkap.

Masih dikatakannya, kalau menurut saya selain melengkapi untuk fasilitas umum, lebih baiknya juga di bangun mushola untuk menyiapkan tempat ibadah para pengunjung. Sembari tergeleng-geleng kepala gestur aktivis tersebut.

Terpisah, Subani S.H, kepala Dinas (Kadis) Lingkungan Hidup Pemdakab Nganjuk saat di konfirmasi media ini di ruangan kerjanya mengungkapkan, Untuk permasalahan apa yang dilontarkan awak media sudah terbahaskan, ia juga berpesan konfirmasinya jangan di rekam.

menurut pejabat nomor satu di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) DLH tidak menampik dengan adanya kekurangan untuk fasilitas umum di taman Nyawiji (taman kota).

“Untuk permasalahan itu sudah kita bahas. di tahun ini sudah kita rencanakan baik mulai dari toilet, kamar mandi dan tempat parkir R2 dan R4. kita benahi secara bertahap mas," ungkapnya.(to_mr/tim)