Ngaji Kebangsaan Bersama Habib Lutfi Di Ponpes Darul Hikmah

Pengajian di Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Hikmah Mojokerto di Desa Sawahan, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto. Kamis (14/7/2022).

MOJOKERTO (Pewarta88.com) – Peringatan Haul ke-32 KH. Achmad Qusyairi Manshur dan Nyai Solichah Bahri memasuki momen puncak. Peringatan ini digelar di Kompleks Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Hikmah Mojokerto di Desa Sawahan, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto. Kali ini, warga Kabupaten Mojokerto diajak bersholawat bersama Habib Lutfi bin Yahya, Kamis (14/7/2022) malam.

Dalam peringatan ini dilangsungkan pula bazar Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Agenda kegiatan dengan tema 'Memupuk Kebersamaan Ulama, Umaro, TNI dan Polri Dalam Membangkitkan Ekonomi Kerakyatan' ini dihelat mulai tanggal 12-14 Juli 2022.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Jam'iyyah Ahlith Thoriqoh Al Mu'tabaroh An-Nahdliyyah (JATMAN), DR. KH. Mashudi, MAG mengatakan bahwa agenda haul ini merupakan amanah dari para ulama, guru, dan umaro.

"Karena mengemban sabda beliau untuk ditambah kegiatan yaitu untuk haul seperti ikrar kebangsaan dan lain-lain. Ada bazar agar bisa untuk menggerakkan masyarakat kita untuk bangkit perekonomian ini," ungkap Mas'adi, Jumat (15/7/2022) di tengah lantunan Mojokerto bersholawat.

Peringatan ini untuk mengingat jasa-jasa para ulama, pejuang, dan pahlawan yang berkontribusi nyata terhadap kemerdekaan Indonesia. Misalnya, Hadratus Syaikh KH. Hasyim Asy'ari, KH. Maimun Zubair, dan ulama-ulama lainnya.

"Sangat ikhlas untuk memperjuangkan negara kita. Dengan harapan mendirikan baldatun thoyyibatun wa rabbun gofur (negara yang baik tempat ampunan Tuhan red)," jelasnya.

Mas'adi mengajak dan menyerukan para umat islam agar bersatu. Ikrar kebangsaan bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) harga mati.

"Untuk itu supaya kita bangkit dari terkena banyaknya rongrongan, banyaknya gerakan-gerakan yang seakan-akan anti, yang sedikit-sedikit mengkafirkan kita cukup bergerak ke jalan kita. Tunjukkan bahwa kita selalu kompak, tidak rela kalau negara kita dipecah belah," tegasnya.

Pada kesempatan yang sama pula, kegiatan ini dilakukan juga pembukaan ratusan stand bazar UMKM dan BUMN. Hal ini agar menjadi penguatan ekonomi untuk masyarakat sekitar. UMKM di era pandemi terbukti mampu menjaga perekonomian negara Indonesia.

Negara Indonesia telah terbukti mampu bertahan di tengah tren resesi global. Terbaru, Amerika mengalami inflasi hingga 9,1%.

"Alhamdulillah di negara kita tidak seperti yang kita dengar dari negara barat khususnya Amerika dan sebagainya," pungkasnya.

Dalam momen haul Haul ke-32 KH. Achmad Qusyairi Manshur dan Nyai Solichah Bahri, Ikfina Fahmawati Bupati Mojokerto hadir bersama muspida juga rombongan, pihak ponpes juga mengucapkan banyak-banyak terima kasih atas hadirnya orang nomer satu di pemerintahan daerah tersebut.(ben/adv)