Tahun 2022, 500 ASN di Pemkab Nganjuk Akan Pensiun

Kantor BKD Kabupaten Nganjuk, Jatim.

NGANJUK (Pewarta88.com) – Memasuki tahun 2022 tentunya Pemerintah Kabupaten Nganjuk masih membutuhkan tambahan tenaga abdi negara. Pasalnya, dalam setiap tahun selalu ada  Aperatur Sipil Negara (ASN) yang akan pensiun. di tahun ini kurang lebih ada 500 ASN yang bakal purna tugas atau pensiun pada ini.

Agus Heri Widodo, Kepala Bagian Mutasi Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Nganjuk, menjelaskan, kurang lebih 500 PNS pensiun tersebut merupakan pejabat fungsional maupun struktural.

“Mereka bertugas di beberapa organisasi perangkat daerah (OPD), sedangkan ASN setingkat eselon II di tahun ini ada dua yang purna tugas, salah satunya Kepala Dinas Perikanan. Dalam catatn per 1 mei 2022, dan Kepala DPMPTSP mulai purna tugas per 1 Desember 2022. Jadi yang masih  aktif untuk esekon II ada 27 pejabat eselon II di Pemerintahan Kabupaten Nganjuk saat ini,” papar pejabat tersebut saat di temui di ruang kerjanya, kamis (14/2022).

Lanjut Agus, Pemkab Nganjuk juga memaksimalkan pegawai yang masih aktif untuk menempati kekosongan posisi.

“Sehingga bisa dipastikan kinerja pemerintahan tidak terhambat, Karena kita juga ada SOTK baru yang sekarang ini juga sedang disusun bagian organisasi terkait dengan kebutuhan pegawai,” sambungnya.

Masih Agus, untuk hasil rekrutmen di Pemkab Nganjuk sangat memadahi, artinya di tahun 2022 ini 500 PNS pensiun dan untuk rekrutmen BKD kurang lebih 1300, bukan hanya ASN saja.

Baca Juga: Tambang Galian C di Nganjuk Dituding Merugikan Pemilik Lahan, LSM GAKK: Kita Kawal Permasalahan Ini

“Ada PPPK (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja), untuk tahun ini dalam seleksi CPNS sudah mencapai 205 pegawai,” jelas Nahkoda OPD BKPSDM tersebut.

Dia juga menambahkan, BKD selalu mencatat kekosongan jabatan setelah pegawainya pensiun, Dengan begitu bisa dilakukan penataan birokrasi demi menjaga keberlangsungan kinerja pemerintah. Di samping itu BKD dalam menyusun kebutuhan pegawai itu per 5 tahun sebelumnya.

“Sehingga dalam per tahun sudah melakukan pelaksanaan kebutuhan pegawai di lingkungan Pemkab Nganjuk,” cetusnya.

Selain itu pejabat BKPSDM tersebut juga menjelaskan, bahwa sampai saat ini april 2022 BKPSDM belum membuka kran baru untuk rekrutmen CPNS maupun P3K. Karena untuk tahun ini pihaknya masih menyelesaikan proses rekrutmen tahun 2021.

“Saat ini kita sedang melakukan proses pengangkatan P3K guru tahab 2, setelah ini mungkin ada seleksi rekrutmen baru, kalau ada ya mungkin sekitar bulan agustus/september 2022 ini," pungkas Agus.(m.to)


Baca Juga:

Musim Panen Raya Padi, Petani Menilai Harga Jual Masih Rendah Hingga Mahalnya Harga Pupuk


Puskesmas Tanjunganom Nganjuk Usai Diresmikan, Tulisan Puskesmas Mulai Mengelupas


28 Kios Mangkrak Telan Anggran Milyaran, Begini Tanggapan Kadisperindag Pemda Nganjuk