Pura Ranu Agung Di Gondang Mojokerto Sambut Hari Raya Nyepi 2022

MOJOKERTO (Pewarta88.com) – Perayaan Hari Raya Nyepi di tahun 2022 jatuh pada hari kamis 3 Maret 2022, umat hindu di wilayah Dusun Wonosari, Desa Wonoploso, Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Telah melaksanakan perayaan dengan kesederhanaan di saat musim pandemi covid-19 sekarang ini.

Pemangku Pura Ranu Agung yang ada di Dusun Wonosari, Desa Wonoploso, Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto, Romo Pemangku Padma Handewa, melewati Kusuma Dewa mengatakan kepada pewarta88.com, untuk puncak hari raya nyepi dilaksankan besok.

“Brata penyepian dilaksankan besok, start mulai malam ini Jam 12 malam, hingga jam 12 malam besok,” jelas Kusuma Dewa, saat ditemui pewarta88.com, di Pura Ranu Agung, Rabu (2/3/2022).

Lebih lanjut, Hari Raya Nyepi di tahun 2022 tidak semeriah sebelum-sebelumnya, karena masih di musim pandemi, dan dilaksanakan dengan kesederhanaan serta tetap menjaga pembatasan-pembatasan, dan protokol kesehatan.

“Puncak Nyepi dilakukan brata penyepian, amati karya (tidak bekerja), amati lelungan (tidak bepergian), Amati lelanguan (tidak berfoya-foya), Amati Geni (tidak menyalakan api),” lanjutnya.

Pemangku tersebut juga menjelaskan, baru juga di gelar upacara Taurkasanga, dengan tujuan menghargai alam.

“Selama satu tahun kita ambil sari-sarinya, tanah kita injak, air kita ambil kita minum untuk kesejahteraan kita. La pada saat ini kita secara ritual membayar mengucapkan terima kasih kepada alam semesta atas yang diberikan kepada kehidupan manusia,” jelasnya.

Dirinya juga berharap, di tahun hari raya nyepi 2022, disini dan di nusantara pada umumnya terhindar dari bencana-bencana.

“Keselamatan dapat kita rasakan bersama-sama, kesejahteraan bersama-sama. Kerukunan hidup sosial beragama, berbangsa dan bernegera terbangun dengan lebih baik dari tahun-tahun berikutnya,” pungkasnya.(mif/tim)

Prodak Media Grup Markaz