Plengsengan Sungai Candirejo Loceret Longsor, Kondisi Keselamatan Jembatan Diduga Terancam

Sorot camera : Longsoran sanggul sungai Candirejo hingga keretakan iaki jembatan, diduga mengancam keselamatan Jembatan Candirejo Loceret.

NGANJUK (Pewarta88.com) – Hujan deras di sertai angin beberapa hari yang lalu telah terjadi di sejumlah wilayah yang ada di Kabupaten Nganjuk, adanya hal itu, sejumlah bantaran sungai di beberapa titik mengalami kondisi yang cukup memprihatinkan. Terlihat di sungai Candirejo Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk.

Pantauan pewarta88.com di lokasi jumat (04/03/2022) bantaran di Dusun Candirejo, Kecamatan Loceret, saluran sungai primer tampak adanya bantaran yang longsor. Terlihat untuk plengsengan bagian utara sebagai sayab jembatan tampak ambles merata, mencapai sepanjang 10 meter dengan kedalaman sekitar 12 meter.

Disisi lain, tampak jelas terlihat adanya plengsengan penyangga jembatan di Dusun Candirejo sudah tampak adanya keretakan yang memanjang, bila mana situasi kondisi ini plengsengan sungai tersebut tak segera diatasi, maka hal ini bisa mengancam ketahanan jembatan tersebut.

Lauri (50), warga Dusun Candirejo Desa Candirejo Loceret saat ditemui media ini menjelaskan, bahwa ambrolnya plengsengan sungai candirejo sudah 3 tahun lamanya. Menurutnya plengsengan di sebelah utara jembatan sudah rata dengan tanah dan tak sedikitpun yang tersisa.

Masih Lauri, dirinya merasa kuwatir dengan kondisi seperti ini, bila hujan tiba kondisi bantaran sungai sudah mulai terkikis.

“Kita kuwatir mas dengan kondisi ini, karena di sebelah timur juga permukiman warga. selain itu hal ini juga bisa mengancam keselamatan jembatan,” cetus warga tersebut, Jumat (4/3/2022).

Terpisah, Rony Kepala Desa (Kades) Candirejo Kecamatan Loceret saat di temui media ini di Kantor Desa, membenarkan bahwa kondisi plengsengan sungai candi sangat memprihatinkan.

Menurut Kades, beberapa hari yang lalu sudah di adukan pihak Desa kepada Plt. Bupati Nganjuk Drs.Marhen Djumadi, “beliau juga sudah terjun di lokasi dan langsung melihat situasi dan kondisi plemgsengan tersebut,” kata Kades.

Orang nomor satu di Desa Candirejo tersebut juga belum bisa memberi komentar banyak terkait pembangunan plengsengan sungai candirejo.(m.to)


Baca Juga:

LSM Soroti Pagar Tembok SMPN 2 Lengkong Nganjuk Yang Roboh