Mobil Siaga Terbakar di Garasi Kades, Pemdes Buduran Bagor Nganjuk Tak Kunjung Memberi Pengganti

Foto Momen Kebakaran Mobil Siaga Desa Pemdes Buduran Kecamatan Bagor Kabupaten Nganjuk Jawa Timur. (27/08/2023) lalu.

NGANJUK (Pewarta88.com) -  Memasuki masa waktu 8 bulan adanya tragedi atau musibah kebakaran mobil siaga Desa milik Pemerintah Desa (Pemdes) Buduran Kecamatan Bagor, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. belum mendapat kejelasan dari pemangku kebijakan baik administrasi maupun sanksi ganti rugi.

Informasi dihimpun media pewarta88.com, pada tanggal (27/8/2023) lalu  terjadi musibah kebakaran garasi mobil rumah Kepala Desa (Kades) Buduran. Akibatnya, 2 buah unit mobil dengan merk Suzuki Ertiga milik pribadi kades, dan mobil siaga Desa ludes dilalap sijago merah.

Dari data yang dikantongi pewarta88.com, mobil siaga Desa dari sumber bantuan keuangan khusus (BKK) tahun 2023 di peruntukan pelayanan di Desa tersebut.

Rizky, Seketaris desa (Sekdes) Buduran Kecamatan Bagor saat di temui kuli tinta di ruangan kerja menjelaskan, secara langsung untuk Pemdes Buduran tidak mampu untuk ganti rugi atau beli mobil baru pengganti mobil siaga desa karena kejadian dikatagorikan mudibah.

“Pemdes Buduran tidak mampu untuk ganti rugi atau beli mobil baru pengganti mobil siaga desa, ini musibah mas,” jelasnya, Rabu (24/4/2024).

Lebih lanjut, pasca terjadi kebakaran pada bulan Agustus 2023 lalu, Desa Buduran sudah bersurat baik melalui camat Bagor dan Bupati Nganjuk.

Saat disinggung anggaran pendapatan asli desa (PAD) di peruntukan beli mobil siaga desa yang terbakar, Sekdes menjawab tegas bahwa anggaran PAD di desanya kecil.

“Jadi gak mungkin diperuntukkan beli mobil baru pengganti mobil siaga desa,” sambungnya.

Dipertanyakan terkait teguran, apakah sampai hari ini sudah ada teguran baik dari Pemda Nganjuk maupun pihak Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemdakab) Nganjuk, Sekdes mengatakan belum ada.

“Belum ada pembahasan sejauh itu, baik dari pemerintah daerah maupun DPMD,” pungkasnya.(nyoto)