Proyek Tanpa Papan Nama, LSM GAKK Soroti Pembangunan Aspal Desa Nglaban Loceret Nganjuk

Proyek pembangunan jalan aspal (hot mix) yang berada di akses Jalan Usaha Tani (JUT) di Desa Nglaban, Kecamatan Loceret, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.

NGANJUK (Pewarta88.com) – Proyek pembangunan jalan aspal (hot mix) yang berada di akses Jalan Usaha Tani (JUT) di Desa Nglaban, Kecamatan Loceret, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Jadi pengawasan khusus oleh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Garda Anti Korupsi dan Ketidakadilan (GAKK) DPD Nganjuk. Pasalnya, pekerjaan yang baru diselesaikan kurang lebih satu bulai ini disinyalir kurang maksimal.

Sumarno Ketua LSM GAKK mengatakan kepada awak media, bahwa pekerjaan aspal yang ada di Nglaban Loceret memang kelihatan tentang tipisnya aspal. Bukan hanya itu, keterbukaan karena tanpa ada papan nama proyek dilokasi.

“Kita patut curigai dengan tak ter pasangnya papan proyek, ini jelas melanggar undang undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP),” tegas Nahkoda LSM GAKK tersebut kepada awak media. Senin, (7/8/2023).

Masih dikatakan, dalam pengerjaan yang ia ketahui belum seumur jagung, bahkan bebatuan kerikil yang nempel di aspal sudah mulai menampakan diri di permukaan aspal.

Lebih lanjut, adanya proyek aspal tersebut pihaknya akan melakukan penelusuran siapa yang mengerjakan proyek aspal tersebut.

“Kita akan kawal siapa kontraktor yang mengerjakan proyek, uang dari rakyat untuk rakyat, artinya harus maksimal untuk mengerjakan jangan sampai masyarakat pula yang di rugikan,” kata Sumarno dengan tegas.

Ini tidak boleh terjadi dan akan kami kawal, masih kata Sumarbo, serta kami mendorong untuk pihak kontraktor untuk bisa mengaspal ulang.

“Karena ini juga masih perawatan dan tanggung jawab CV tersebut," cetus sang ketua LSM GAKK DPD Nganjuk.

Ketua tersebut juga menambahkan, proyek pemerintah daerah seharusnya tetap mengacu pada undang-undang yang berlaku, papan nama pekerjaan wajib terpasang di lokasi. Hal ini menghindari asumsi masyarakat bahwa proyek benar-benar bukan proyek siluman.

Perlu di informasikan, pewarta88.com saat di lokasi pada hari ini, Senin 07 Agustus 2023 sore hari, diketahui bahwa pembangunan jalan aspal usaha tani kurang lebih sepanjang 500 meter dengan pengerjaan aspal hot mix.

Tampak di lokasi tanpa disertai adanya papan nama informasi pengerjaan hingga selesainya pekerjaan, selain itu aspal terlalu tipis, sehingga bebatuan kerikil sudah tampak di permukaan aspal. Ikuti lanjutan berita hanya di majanews.com.(m.nyoto/tim)