Karno Laras, Wadah Edukasi dan Pelestarian Budaya yang Kaya Manfaat

Karno Laras fokus membimbing anak anak usia dini mulai 9 tahun hingga 15 tahun. 

PASURUAN (Pewarta88.com) - Karno Laras adalah nama Sebuah sanggar Karawitan yang digarap oleh budayawan di Dusun Karang Nongko Desa Jeruk Purut Gempol (Bedjo Santoso), beserta para penggerak kegiatan sosial lain nya.

Karno Laras fokus membimbing anak anak usia dini mulai 9 tahun hingga 15 tahun. Sanggar karawitan ini baru di resmikan di tahun 2022 oleh kepala Desa Jeruk Purut Haji Slamet.

"Belum banyak orang tau, bahwa seni Karawitan sendiri merupakan seni bermain gamelan," ujar Anisa Widya Ningrum bagian publikasi sanggar kepada pewarta88.com dalam sesi wawancara Rabu, (1/3/2023).

Menurut Anisa selain sanggar ini, ada sanggar lain sebagai pelaku seni budaya gamelan.

"Kalau setau saya yang pernah latihan bersama, itu ada sanggar di karang bangkal itu sanggarnya bu Lastri." Sambungnya.

Grub sanggar karawitan sering tampil dalam acara desa atau perorangan yang mengundang mereka sebagai hiburan seni budaya.

Latihan rutin gratis bagi anak-anak, "Dan itu semua adik-adik tidak dipungut biaya," imbuhnya.

Di akhir perbincangan Anisa pun berharap ada perhatian khusus dari pemerintah atau dinas terkait.

"Harapan nya semoga Karno Laras bisa lebih maju, lebih dikenal, agar bisa dapat perhatian dari pemerintah/dinas setempat, dan adik-adik bisa terus semangat terus dalam berlatih, selain itu semoga dari adanya karno laras anak-anak punya aktifitas yang lebih positif daripada bermain handphone seharian," pungkasnya.(ali/tim)