Puncak Peringatan HPN, Wali Kota Mojokerto Terima Anugerah Kebudayaan PWI Pusat 2021

Ika Puspitasari, Wali Kota Mojokerto, Jatim. Saat Menerima Anugerah Kebudayaan Dari PWI Pusat 2021.
MOJOKERTO (pewarta88.com) - Wali Kota Mojokerto, Jawa Timur (Jatim). Ika Puspitasari, menerima penghargaan Anugerah Kebudayaan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat 2021.

Penghargaan tersebut diberikan secara langsung oleh Ketua PWI Pusat Atal Sembiring Depari pada puncak Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2021, dengan disaksikan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo secara daring dari Istana Negara, Selasa (9/2/2021).

Walikota yang akrab disapa, Ning Ita ini, merupakan salah satu dari sepuluh Walikota/Bupati se-Indonesia yang menerima penganugerahan atas dedikasinya dalam melestarikan kebudayaan daerah.

Dalam catatan, Sepuluh pimpinan daerah tersebut adalah Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto, Wali Kota Denpasar IB Rai Dharma Wijaya Mantra, Wali Kota Parepare Taufan Pawe, Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono, Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mei dan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, Bupati Banggai Herwin Yatim, Bupati Majalengka Karna Sobahi dan Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir.
Sepuluh Walikota/Bupati Yang Menerima Penghargaan Anugrah Kebudayaan Dari PWI Pusat 2021.
Penghargaan Anugerah Kebudayaan PWI Pusat 2021, merupakan bagian dari upaya Pers Indonesia dalam memotivasi seluruh kepala daerah di Tanah Air agar peduli dengan kebudayaan. Dan secara khusus mengapresiasi para Bupati/Walikota yang menonjol dalam mengembangkan kebudayaan lokalnya dengan melibatkan media atau Pers.

"Khusus tahun ini, ditambah dengan aspek penanganan pandemi secara protokol kesehatan maupun kearifan lokal. Hal ini, sebagai bentuk konkret dalam memajukan kebudayaan nasional yang disebut UNESCO sebagi negara super power kebudayaan," kata Ketua PWI Pusat Atal Sembiring Depari.

Sementara itu, Walikota Ning Ita bersyukur atas apresiasi yang diberikan oleh PWI Pusat dalam memberikan dukungan bagi kepala daerah melalui ajang Anugerah Kebudayaan PWI Pusat 2021.
Walikota Mojokerto Jatim, Bersama Walikota Lain Yang Mendapatkan Anugerah Penghargaan Kebudayaan. 
Melalui penghargaan ini, ia berharap kedepannya seluruh masyarakat Kota Mojokerto dapat bersama-sama dalam memajukan sekaligus melestarikan kebudayaan lokal yang dimiliki. Terutama melalui Spirit of Majapahit, dapat membangkitkan kejayaan Majaphit di masa kini.

"Penghargaan ini, merupakan suatu kehormatan bagi kami atas kepercayaan yang telah diberikan oleh insan pers. Melalui penghargaan Anugerah Kebudayaan PWI Pusat 2021 ini, kami akan terus berbenah dalam mengembangkan kebudayaan-kebudayaan lokal yang dimiliki Kota Mojokerto. Pencapaian ini, tentunya tidak lepas dari dukungan dan sinergitas seluruh masyarakat Mojokerto dalam melestarikan kearifan lokal daerah," kata walikota perempuan pertama di Mojokerto ini.

Seperti diketahui, di bawah kepemimpinan Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari dan Wakil Wali Kota Mojokerto Achmad Rizal Zakaria, Kota Mojokerto terus berkembang.Termasuk salah satunya adalah pada seni dan budaya lokal daerah.

Berbagai peninggalan sejarah Kerajaan Majapahit, rekam jejak kehidupan Sang Proklamator Soekarno Kecil, menjadikan Kota Mojokerto memiliki daya tarik tersendiri. Untuk itu, keduanya pun bertekad terus melestarikan kebudayaan masa lampau yang dikemas melalui Wisata Bahari Majapahit dan Galery Soekarno. Dengan harapan, generasi milenial tidak melupakan sejarah kebudayaan.(ben/adv-hms)


Baca Juga:

BAP Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Mojokerto Terpilih Resmi Diteken DPRD


Mungkin Anda Suka:

Diduga Penipuan Mengatasnamakan BPJS, Masyarakat Wajib Berhati-Hati