Pelantikan Jabatan Kasun Seloguno Desa Perning Jatikalen Jadi Bincangan Miring Warga, Begini Komentar Kades

Pelantikan perangkat desa perning, kecamatan jatikalen, kabupaten nganjuk, berlangsung di balai desa setempat. Rabu (4/1/2022).

NGANJUK (Pewarta88.com) – Pelantikan tiga perangkat Pemerintahan Desa (Pemdes) Perning, Kecamatan Jatikalen Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. yang berlangsung pada hari Rabu (4/1/2023). Bertempat di gedung serbaguna Desa setempat telah menjadi pembicaraan miring oleh warga sekitar. Pasalnya, perangkat baru yang dilantik tersebut bukan warga Dusun Seloguno Desa Perning itu sendiri.

Pantauan pewarta88.com, Kepala Desa Perning, telah melantik formasi 3 jabatan perangkat Desa. antara lain, Sekretaris Desa (Sekdes), Kasi Pelayanan dan Kepala Dusun (Kasun) Seloguno.

Selesainya acara pelantikan Perangkat Desa, ada beberapa warga membicarakan kasun baru yang ada di Dusun Seloguno. Menurut warga Kursi Kasun di isi oleh warga dari wilayah satu Desa tetapi berdomisili di Perning.

Hal itulah yang membuat warga Dusun Seloguno bergeleng-geleng kepala karena Kasun yang dilantik bukan asal Dusun itu sendiri.

“Alkhamdulillah hajatan desa sudah tercapai dengan lancar masalah pengisian perangkat desa, tapi di dalam hati saya ada yang kurang berkenan. karena yang menjabat sebagai Kasun Seloguno itu bukan asli warga dusun Seloguno melainkan warga dusun perning," tutur warga Dusun Seloguno yang mengaku bernama Sujianto kepada pewarta88.com, Rabu (4/1/2022).

Lanjut dikatakan Sujianto, dirinya meminta pertimbangan dari aturan yang sudah tertuang di PERDA (Peraturan Daerah) dalam isi Perda tersebut ada aturan khusus, yaitu terkait jabatan Kepala Dusun itu harus asli warga dusun setempat.

“Sebenarnya walaupun ada warga luar tidak apa-apa, namun setidaknya atau minimal ya sudah berdomisili selama 6 bulan. saya sendiri juga keberatan karena sudah tertuang di aturan Perda kok di tabrak. dan kami minta tolong kalau bisa ya di evaluasi lagi, kalau memang itu melanggar aturan, setidaknya ya di hentikan dulu," pungkas pintanya.

Dihari yang sama, Suhari, Kepala Desa (Kades) Perning, Kecamatan Jatikalen saat dimintai keterangan oleh awak media menjelaskan, dirinya bersyukur pelantikan yang di gelar syarat dan rukun sudah terlampui.

“Alkhamdulillah tepat di hari rabu 4 Januari 2023 Desa Perning menggelar acara pelantikan Perangkat Desa, kalau masalah persyaratan dari yang terlantik hari ini, semua persyaratan sudah sesuai apa yang sudah di lalui,” kata Kades.

Kades juga menegaskan, baik pendaftaran sampai hasil ujian Computer Asissted Test (CAT) yang di laksanakan di Universitas Merdeka di Malang (Unmer) kemarin semua sudah sesuai dengan tahapan baik dari awal sampai akhir.

“Dan hari ini juga setelah pelantikan, SK juga sudah kami berikan, baik Sekertaris Desa, Kasi Pelayanan maupun Kepala Dusun Seloguno,” pungkas Kades.

Sementara itu, Wahyu Setiawan selaku penjabat baru Kasun Seloguno saat di wawancarai majanews.com menjelaskan, ia mengucapkan terima kasih kepada semua tamu undangan yang menghadiri acara pelantikan Perangkat Desa.

“Semoga atas bantuan dan dukungan dari semua masyarakat kami akan lebih semangat dalam bekerja mengemban amanah, kami akan membangun dusun seloguno menju lebih baik,” ucap Kasun baru dilantik tersebut.

Lebih lanjut, baik itu segi fisik maupun non fisik ia juga sudah siap menjalankan tugas sebagai Kasun.

“Dan Alhamdulilah saat ini juga kami juga sudah mendapat SK langsung dari Kepala Desa Perning," pungkas Wahyu Setian.(mrn/tim)