Wali Kota Mojokerto Siap Implementasikan 40 Persen Belanja APBD Untuk Prodak UMKM

ika Puspitasari, Wali Kota Mojokerto. Saat menghadiri Afirmasi Bangga Buatan Indonesia, di Hotel Grand Hyatt Nusa Dua Bali, Jumat (25/3/2022).

MOJOKERTO (Pewarta88.com) - Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari siap menindaklanjuti instruksi Presiden RI Joko Widodo kepada seluruh Kepala Daerah se-Indonesia terkait Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia.

Hal ini disampaikan Ning Ita sapaan akrab Wali Kota usai menghadiri Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia Melalui Afirmasi Penggunaan Produk Dalam Negeri, di Hotel Grand Hyatt Nusa Dua Bali, Jumat (25/3/2022).

"Sesuai petunjuk Pak Presiden barusan, dalam Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) wajib mengutamakan pengadaan Produk Dalam Negeri (PDN), dan mendorong alokasi paling sedikit 40 persen dari nilai anggaran belanja barang dan jasa yang dikelola dalam APBD Kota Mojokerto digunaan untuk produk UMKM lokal dan koperasi," ujarnya.

Diketahui, Pemerintah Kota Mojokerto telah mengalokasikan sebesar 56 persen dari APBD untuk pembelian produk dalam negeri.

"Ini sudah kita lakukan, artinya tinggal kita kawal saja dalam proses pengadaanya nanti harus benar- benar terealisasi seberar prosentase tersebut, sesuai instruksi Presiden, saya pun akan mengawal secara langsung dalam proses dan pelaksanaan di seluruh OPD pengampu anggaran," jelasnya.

Tidak hanya itu, petinggi Pemkot Mojokerto tersebut bahkan sudah mengikuti instruksi Presiden untuk membuat SK Tim Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (TP3DN) serta SK Tim verifikatornya.

Untuk mempercepat proses PBJ di Kota Mojokerto, Ning Ita akan terus mendorong UMKM lokal agar segera didaftarkan ke E- katalog LKPP maupun E- katalog local.(ben/adv)


Viral:

Streaming Prodak Media Grup Markaz



Baca Juga:

Tes Ujian Kasun Di Desa Punggul Dlanggu Mojokerto, Warga Tuding Ada Dugaan Jual Beli Kunci Jawaban


Pembenahan Atap Gedung Aula Kelurahan Ganung Kidul Nganjuk Belum Jelas