Anggaran Rehab Sekolah Rusak di Kabupaten Nganjuk APBD Tahun 2022 Tembus 13 Milyar

Salah satu gedung yang rusak, (laboratorium SMPN 1) kecamayan Sukomoro Nganjuk. Roboh Selasa (22/03/2022)

NGANJUK (Pewarta88.com) – Demi untuk memajukan dunia pendidikan tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP)  Penerintahan Daerah Kabupaten Nganjuk untuk tahun 2022 akan menggelontor anggaran pembangunan atau pembenahan gedung sekolah hingga 13 Milyar.

Hal tersebut dilakukan karena saat ini kondisi bangunan sekolah di Nganjuk banyak yang rusak berat maupun sedang, baik rusak berat maupun ringan.

Kabid Dispendikbud Kabupaten Nganjuk Restiyan Effendi, SST. saat di temui pewarta88.com diruang kerjanya mengatakan, untuk anggaran rehab sekolah tahun 2022 baik dari APBD maupun DAK ini naik di banding tahun 2021 kemarin. Besaran Anggaran tersebut akan diperuntukkan guna rehab ruang kelas SD dan SMP.

Untuk APBD tahun 2022 mencapai 13 milyar, saat ini dalam proses perencanaan, untuk pertengahan bulan april atau akhir april sudah di mulai pengerjaan rehab sekolah. Untuk DAK sampai saat ini masih menunggu proses inputing data di SIPD.

“Intinya masih belum tersedia, akan tetapi sudah di setujui. Untuk tahun ini ada tambahan besaran anggaran yang agak lumayan di banding tahun 2021 kemarin. Tahun 2021 dari APBD di anggarkan 900 juta,  untuk tahun 2022 di anggarkan 13 milyar dari APBD,” papar pejabat Pendidikan tersebut, Selasa (22/3/2022).

Selain itu, dari DAK sendiri juga ada kenaikan untuk tahun 2021 mendapat 40 milyar, kalau sekarang 2022 mendapat 57 milyar. Jadi untuk DAK tahun 2022 ini Kabupaten Nganjuk bisa dikatakan terbanyak di jawa timur, anggran tersebut khusus untuk SMP.

“Kalau DAK didukung dari semua pihak sekolahan, artinya ikut berperan serta inputing data di DAPODIK, karena nilai murni dari DAK dari Pusat dan kita dari Dispendikbud Kabupaten Nganjuk  hanya mengusulkan ,karena semua keputusan dari Kementrian,” jelasnya.

Lebih lanjut, Dari besaran anggaran 57 milyar baik APBD dan DAK dalam pelaksanaan rehab sekolah yang 40 milyar, untuk SMP dan yang 17 milyar di SD.

“Untuk rehab yang di ambilkan dari anggaran APBD dalam pelaksanaannya penunjukan langsung atau tander,  untuk DAK pelaksanaannya secara swakelola. jadi artinya sskolah yang akan melaksanakannya,” pungkasnya.(m.to)


Baca Juga;

Digelontor Anggaran Milyaran Dari APBD, Bangunan 28 Ruko Di Nganjuk Tekesan Mangkrak


Ruang Kelas SDN 3 Mlorah Rejoso Nganjuk Rusak Berat, Guru : Infonya Tahun Ini Mendapat Bantuan Rehab

Viral:

Streaming