Gedung Sekolah Rusak Parah, Siswa Siswi SDN 1 Kepanjen Pace Nganjuk Belajar di Gudang Selama 8 Bulan

Siswa Siswi Kelas 1 dan 3 SDN 1 Kepanjen Tampak Terlihat Belajar Dengan Tekun, Walaupun Bertempat di Gudang Sekolah.

NGANJUK (Pewarta88.com) - Tampak terlihat suasana yang memprihatinkan dalam kegiatan aktivitas belajar mengajar pada siswa-siswi kelas 1, 2 dan 3 Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kepanjen 1 Kecamatan Pace, Kabupaten Nganjuk Jawa Timur.

Suasa memprihatinkan dikarnakan berlangsungnya kegiatan belajar mengajar siswa telah di pindahkan di gudang sekolah karena bangunan sekolah khususnya ruang kelas 1, 2 dan 3 kondisinya rusak berat belum ada perbaikan hingga saat ini.

Pengakuan dari pihak sekolah kepada pewarta88com, dipindahkan ruang kelas siswa siswi SDN Kepanjen 1 sudah terjadi selama kurang lebih delapan bulan lamanya.

Pantauan pewarta88.com di lokasi SDN 1 Kepanjen selasa 14 Maret 2023, tampak terlihat puluhan siswa kelas 1 dan 3 terlihat belajar dengan tekun meskipun belajar di dalam gudang. ada dua gudang kosong yang di peruntukan untuk kelas 1 dan 3 dan untuk siswa siswi kelas 2 di tempatkan di gedung perpustakaan.

Gedung Sekolah Rusak Parah, Siswa Siswi SDN 1 Kepanjen Pace Nganjuk Belajar di Gudang Selama 8 Bulan

Kerusakan gedung SDN 1 Kepanjen Pace, ada 3 ruangan terjadi kerusakan parah, khususnya ruang kelas 1, 2 dan 3. Terlihat adanya plafon jebol, keramik lantai pecah-pecah hingga keberadaan genting sekolah yang sudah lapuk di makan usia.

Selain itu, 3 ruang kelas yang rusak juga bangunan bangunan yang lain mengalami hal serupa, seperti toilet yang di peruntukkan para siswa siswi SDN 1 Kepanjen kondisinya juga 90 persen rusak total.

“Siswa siswi kelas 1 ,2 dan 3 terpaksa di pindah ke gudang karena menghindari hal -hal yang tidak di inginkan mengingat kondisi bangunan ruang kelas juga sudah rusak,” jelas Wawan salah satu Guru kelas 2 SDN 1 tersebut kepada pewarta88.com saat dimintai keterangan, Selasa (14/3/2023).

Baca Juga : Pengguna Jalan Mengeluh, Portal Besi Bekas Baliho di Pertigaan Jalan Raya Watudandang Prambon Dituding Membahayakan

Masih kata Wawan, dialihkannya siswa siswi dalam belajar mengajar kurang lebih hampir 8 bulanan.

“Anak anak kelas 1 dan 3 belajar di gudang ini terpaksa, demi keamanan   dan bangunan sudah rusak ya kita pindahkan," ujarnya.

Disinggung apakah dalam upaya pengajuan pembenahan rehab sekolah SDN 1 Kepanjen sudah di masukkan data Dapodik, wawan guru kelas 2 itu menjawab dengan tegas sudah di ajukan.

“Sekolah SDN 1 Kepanjen sudah masuk data Dapodik dan sudah kita usulkan di Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk,” tegasnya.

Wawan Juga berharap semoga secepatnya pihak Dinas Pendidikan merealisasi apa yang di ajukan SDN 1 Kepanjen.

Gedung rusak parah SDN 1 Kepanjen belum ada perbaikan hingga saat ini.

“kami juga berharap untuk tahun ini semoga SDN 1 Kepanjen rehab dari Dana Alokasi Khusus (DAK) 2023," pungkas harapnya.

Perlu diketahui, setiap satuan pendidikan wajib memiliki prasarana yang meliputi lahan, ruang kelas, ruang pimpinan satuan pendidikan, ruang pendidik, ruang tata usaha, ruang perpustakaan, ruang laboratorium, ruang bengkel kerja, ruang unit produksi, ruang kantin, instalasi daya dan jasa, tempat berolahraga, tempat beribadah, tempat bermain, tempat berkreasi, dan ruang/tempat lain yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran yang teratur dan berkelanjutan.

Dalam menunjang itu semua standar sarana prasarana juga di indahkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia. Ikuti berita menarik lainnya hanya di majanews.com.(m.to)

Baca Juga :

Biaya Program PTSL Senilai 500 Ribu Perbidang, Ketua: Masyarakat Sebenarnya Berapapun Itu Mau