Diduga Akibat Aktivitas Mobilitas Truk Sampah DLHK, Jalan Paving Makam Ganung Kidul Rusak Parah

Jalan arah makam, keberadaan jalan paving yang sudah tidak rata dan bergelombang.

NGANJUK (Pewarta88.com) - Keberadaan akses jalan paving menuju arah makam yang ada di Lingkungan Kelurahan Ganung Kidul, Kecamatan Nganjuk, Jawa Timur. terlihat mulai ada kerusakan. Akibat kerusakan jalan itu disinyalir karena aktivitas mobilitas truk maupun roda tiga bermuatan sampah milik Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemdakab Nganjuk.

Pengaduan yang diterima redaksi pewarta88.com, rusaknya jalan paving menuju arah makam yang ada di Lingkungan Kelurahan Ganung Kidul, tidak kuat menahan muatan sampah milik DLH yang setiap saat melintas, warga juga mengira melebihi batas maksmial (tonase).

Dilokasi, bahwa keberadaan gudang penampung sampah milik DLH jaraknya tak jauh dari makam milik kelurahan Ganung Kidul, akses jalan menuju makam maupun gudang sampah tak lain adalah satu jalan atau satu arah.

Tim pewarta88.com saat dilokasi, Akses jalan paving tersebut mempunyai lebar 3 meter dan panjang kurang lebih 100 meter, akibat dugaan mobilitas pengangkut truk pengangkut sampah jalan tersebut mulai tidak rata.

Juga terlihat, jalan bergelombang juga ambles. Hal itulah warga kurang nyaman bila ada pemakaman, karena jenazah yang mau di makamkan menggunakan kereta dorong.

Sorot Camera, tampak terlihat aktivitas mubilitas pengangkut sampah berada di akses lalan paving satu arah dengan makam Kelurahan Ganung Kidul.

Akibatnya, roda kereta bila melintasi akses jalan tersebut tentunya roda kereta tak bisa sejajar dan bahkan menimbulkan goyangan akibat jalan tidak datar.

Kusnadi, Kepala Kelurahan Ganung Kidul Kecamatan Nganjuk saat di temui dan berbincang - bincang bersama kuli tinta pewarta88.com, bercerita tentang keberadaan jalan paving menuju makam mulai rusak.

Namun, dirinya juga menduga kerusakan di akibatkan truk muatan sampah milik DLHK Pemdakab Nganjuk. untuk kewenangan jalan paving menuju makam itu sepenuhnya wewenang Kelurahan Ganung Kidul.

“Kalau dalam pembenahan paving jalan saat ini kami juga belum bisa jawab mas," Kata Pejabat Kelurahan tersebut kepada majanews.com, Jumat (31/3/2023).

Lanjut Kusnadi, dirinya juga paham apa lagi ini mendekati lebaran hari raya idul fitri 1444 H, tentunya akan di kunjungi para peziarah.

“Coba nanti secepat mungkin akan kami koordinasikan baik kepada kepala dinas DLHK maupun rekan-rekan kantor yang ada di Kelurahan Ganung Kidul," pungkas Kusnadi pejabat tertinggi di Kelurahan Gunung Kidul tersebut.(m.to)