Dispendik Kabupaten Mojokerto Berhasil Rehab Puluhan Gedung Sekolah Serta Perhatikan Kesenian

Festival Dalang Anak (FDA) Tingkat Nasional Tahun 2022, atas nama Arga Putra Nugraha, Siswa Kelas 7 SMPN 1 Dawarblandong.

MOJOKERTO (Pewarta88.com) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Pendidikan (Diknas) Kabupaten Mojokerto melaksanakan kegiatan pembangunan Sarana dan Prasarana (Sarpras) Sekolah. Bukan hanya itu, Dispendik juga melakukan pengembangan potensi diri dan prestasi siswa secara optimal.

Diantara Pembangunan, Ruas Kelas Baru (RKB), Rehabilitasi. Untuk kesenian, Dispendik telah Belanja Perabotan dan Alat Kesenian untuk sekolah dalam pengembangkan bakat di usia dini.

Untuk pembangunan, Dispendik telah berhasil kerja cepat untuk menunaikan amanahnya dalam Rehabilitasi Gedung Sekolah, meliputi, TKN Pembina, SD Negeri, dan SMP Negeri yang ada di Kabupaten Mojokerto, ada puluhan gedung baru maupun rehab dalam tahun anggaran 2022.

Kembangkan Budaya di tubuh pendidikan usai dini, Pendidikan kebudayaan juga di aplikasikan. Seperti Kesenian Gamelan dan Wayang di beberapa Lembaga Pendidikan Sekolah yang ada di wilayah Kabupaten Mojokerto.

Ardi Sepdianto, (Kadisdindik) saat Festival Dalang Anak (FDA) Tingkat Nasional Tahun 2022, atas nama Arga Putra Nugraha, Siswa Kelas 7 SMPN 1 Dawarblandong, berlangsung di jakarta.

Didunia kesenian untuk tahun 2022, Dispendik juga berhasil membawa nama harum Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto di Tingkat Nasional.

Hal tersebut telah di sampaikan Ardi Sepdianto, Plt Kepala Dinas Pendidikan (Kadispendik) melalui Adi Mahendarto, Kepala Bidang (Kabid) Sarana dan (Prasarana) Sekolah Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto, saat ditemui pewarta88.com bersama awak media lain di ruang kerjanya, Kamis (29/12/2022).

"Alhamdulillah, pelaksanaan kegiatan Sarana dan Prasarana Sekolah Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2022 berjalan lancar. Wajar ada sedikit kendala, seperti cuaca yang tidak menentu, tetapi bisa diatasi," jelas Adi panggilan Kabid Sarpras Pendidikan tersebut.

Masih Dikatakan Kabid Sarpras, selain pengerjaan DAK juga ada tambahan kegiatan pembelian perabot yakni bangku sekolah yang sumber dananya dari Perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (P-APBD) untuk 36 SMPN.

Adi Mahendarto, Kepala Bidang (Kabid) Sarana dan (Prasarana) Sekolah Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto

"Akan tetapi tidak semuanya full, dalam arti menyediakan kebutuhan," sambungnya.

Selain itu, terkait kegiatan Kebudayaan dan Kesenian, ada 4 lembaga sekolah yang mendapatkan bantuan alat kesenian berupa Gamelan, yakni, SMPN 1, SMPN 2 Dawarblandong, SDN Jatirowo 2 dan SDN Banyulegi Dawarblandong.

"Kegiatan yang mendapat sport dari walimurid dan sekolah ini juga berjalan lancar, bahkan kegiatan kesenian gamelan ini pernah beberapa kali menjadi juara tingkat Kabupaten dan Propinsi,” papar mantan pejabat PUPR Kabupaten Mojokerto tersebut.

Salah satu gedung baru TKN Pembina yang ada di mojosari di resmikan bupati ikfina tanggal 27 desember 2022 beberapa hari yang lalu. Merupakan kerja cepat Dispendik.

Bahkan, penyaji terbaik propinsi dikirim ke Jakarta dalam rangka Festival Dalang Anak (FDA) Tingkat Nasional Tahun 2022, atas nama Arga Putra Nugraha, Siswa Kelas 7 SMPN 1 Dawarblandong," jelas Kabid Sarpras.

Masih Kabid Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto, pihak Dispendik juga berharap, dengan kegiatan Pendidikan Kebudayaan dan Kesenian, bisa di kembangkan sampai tunjang yang lebih tinggi.

“Sehingga bisa menciptakan pelaku dan pegiat seni serta untuk memupuk rasa cinta terhadap kesenian dan kesenian tradisional tidak hilang,” pungkas Adi Mahendarto Kabid Sarpras Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto.(ben/adv)


Baca Juga:

Tingkatkan Mutu Pendidikan, Disdik Kab.Mojokerto Berhasil Bangun 2 Gedung Sekolah Baru TK Negeri Pembina Yang Diresmikan Bupati