Melandainya Wabah Covid–19 Ibadah Haji Di Mojokerto Kembali Berlangsung

kegiatan pelepasan dan pematapan  Jamaah Calon Haji di Pendopo Graha Majatama, Pemkab Mojokerto, Senin (20/6/2022).

MOJOKERTO (Pewarta88.com) - Melandainya mewabahnya Covid-19 di seluruh dunia dan berimbas terhadap pelaksanaan ibadah haji, kini ibadah haji bisa kembali berlangsung.

Tahun 2022, sebanyak 752 Calon Jemaah Haji (CJH) asal Kabupaten Mojokerto akan mulai berangkat.

Sedikitnya 752 orang Jemaah Calon Haji (JCH) di Kabupaten Mojokerto ikuti kegiatan pelepasan dan pematapan  Jamaah Calon Haji di Pendopo Graha Majatama, Pemkab Mojokerto, Senin (20/6/2022).

Acara pelepasan dan pematapan  Jamaah Calon Haji resmi di pimpin oleh Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati dengan dihadiri  Sekda Teguh Gunarko, Staf ahli, Assisten, Kepala OPD, Kepala Kementerian Agama beserta staf, ketua IPHI dan Ketua KBIH Kabupaten Mojokerto.

Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati dalam sambutannya, mengimbau agar para jemaah selalu menjaga kesehatan. Mengingat pelaksanaan haji saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19.

"Selama nanti perjalanan maupun selama melaksanakan rangkaian ibadah haji, saya minta tolong, tetap menggunakan masker, karena selain Covid-19 masker ini dapat melindungi kita dari penularan berbagai virus penyakit yang lain yang kita tidak tahu bisa saja penyakit itu dibawa oleh para jemaah haji dari berbagai tempat dari seluruh penjuru dunia," ujarnya.

Bupati juga mengingatkan agar selalu membawa dan memakai hand sanitizer disamping membawa perlengkapan ibadah haji lainnya. Hal ini agar bisa membentengi diri dari paparan virus covid-19.

kegiatan pelepasan dan pematapan  Jamaah Calon Haji di Pendopo Graha Majatama, Pemkab Mojokerto, Senin (20/6/2022).

Selain itu, saya minta tolong pada Calon jamah Haji kalau kemana-mana bawa hand sanitizer, jadi nanti kalian dimana pun sebelum kalian memegang area wajah, sebelum kalian wudhu, dan sebelum kalian membuka masker atau mengganti masker, minta tolong kalian pakai hand sanitizer", ucapnya

Bupati Mojokerto menambahkan informasi yang diperoleh, Saudi Arabia kondisi udara suhu tinggi, rentan para calon jamaah haji terkena dehidrasi kekurangan cairan, dan kalau laksanakan ibadah atau  aktifitas lainnya harap memakai alas kaki, sandal atau sepatu,” Di Arab Saudi suhu udara lagi tinggi, harap bisa jaga kesehatan serta upayakan pakai sandal sepatu dalam beraktifitas di luar ruangan agar kaki tidak melepuh karena panas,” harapnya

Orang nomor satu di kabupaten Mojokerto tersebut, agar momentum ibadah haji ini agar dimanfaatkan sebaik mungkin. Terlebih kepada fokus untuk beribadah menjalankan perintah-Nya ikuti arahan bimbingan  dari imam rombongan yang telah ditunjuk Pemerintah, semoga menjadi Haji mabrur

"Selamat menunaikan ibadah Haji 1443 H, semoga diberi kesehatan, kesabaran, fokus ibadah, dan pulang nanti membawa barokah dan meraih predikat Haji mabrur,” pungkasnya

Usai sambutan Bupati Mojokerto, acara dilanjutkan oleh ceramah agama KH.Imam Hambali dari Surabaya,  dalam ceramahnya, KH.Imam Hambali menceritakan ketika menjadi pembimbing mantan preman, ( keamanan Dolly) saat melaksanakan ibadah Haji, Yang didambut gelak tawa oleh Bupati maupun Calon Jamah Haji.

Sebagai informasi tambahan, semula jumlah CJH Kabupaten Mojokerto, berjumlah 768 orang dan hari ini ada tambahan 4 orang CJH tambahan, jadi total semua 772 CJH, sedangkan tanggal 16 juni 2022 kemarin sudah berangkat 20 orang kloter 19 diberangkatkan oleh Bupati Mojokerto,di halaman Pemkab Mojokerto  pukul 06.00 wib, menuju asrama haji Sekilo Surabaya.

Perlu disampaikan, untuk CJH asal Kabupaten Mojokerto yang masuk kloter 38 yakni sebanyak 55 orang yang akan diberangkatkan pada 1 Juli 2022. CJH kloter 38 mulai berkumpul di halaman Kantor Bupati Mojokerto pukul 15.30 WIB dan akan diberangkatkan pukul 18.00 WIB karena jadwal masuk asrama pukul 20.00 WIB.(ben/adv)