Hari Jadi Kabupaten Mojokerto, kenduri 731 Tumpeng di Gelar di 18 Kecamatan Dengan Daring

Hari jadi digelar kenduri dengan menyuguhkan 731 tumpeng, Dalam agenda kenduri tumpeng yang dipusatkan di Pendopo Graha Maja Tama (GMT). Rabu (8/5/2024).

MOJOKERTO (Pewarta88.com) – Peringatan Hari Jadi ke-731 Kabupaten Mojokerto, Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemdakab) menggelar kenduri dengan menyuguhkan 731 tumpeng, Dalam agenda kenduri tumpeng yang dipusatkan di Pendopo Graha Maja Tama (GMT), juga dilaksanakan secara daring di 18 kantor kecamatan, setiap kantor Organisasi Perangkat Derah (OPD), RSUD, serta BUMD milik Pemkab Mojokerto. Rabu (8/5/2024) malam.

Hari jadi juga melibatkan 299 kepala desa, 5 lurah, serta para tokoh agama dan tokoh masyarakat yang ada di Kabupaten Mojokerto.

Berlangsungnya acara, Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati, menyapa beberapa kecamatan yang bergabung secara daring mulai dari Kecamatan Pungging, Kecamatan Kutorejo, Kecamatan Dawarblandong, Kecamatan Trowulan, serta Kecamatan Mojosari.

"Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya, dan ini merupakan bagian dari bagaimana kita ini membuat seluruh elemen merasa ikut merayakan HUT Kabupaten Mojokerto,” dalam pidato Bupati Ikfina.

Masih dikatakan, Karena 299 desa dan 5 kelurahan ikut berpartisipasi ikut kenduri, mengeluarkan tumpeng dan berdoa bersama sehingga kita merasakan bahwa HUT Kabupaten Mojokerto ini adalah HUT kita semuanya," ucap orang nomor satu dilingkup Pemkab Mojokerto Rabu, (8/5/2024) malam.

Masih orang nomer satu, pada pelaksanaan kenduri tumpeng Bupati Ikfina juga menjelaskan terdapat dua tumpeng yang melambangkan perwujudan persatuan dan kemakmuran untuk seluruh masyarakat Bumi Majapahit.

"Satu tumpeng persatuan dan satunya tumpeng kemakmuran. Dimana tumpeng persatuan ini melambangkan satu ikatan dari berbagai elemen dan ikatan itu diwujudkan dengan adanya beras ketan,” katanya.

Kendati demikian, tumpeng kemakmuran, berwarna kuning keemasan menunjukkan bahwa apa yang kita ikhtiarkan dengan persatuan dan kesatuan adalah kemakmuran untuk kita semuanya.

“Bahwa pelaksanaan kenduri 731 tumpeng ini juga sebagai wujud syukur atas apa yang telah diperjuangkan oleh para leluhur sehingga Kabupaten Mojokerto mendapat keberkahan seperti sekarang ini,” ujar Bupati.

Kendati demikian, Ini perlu kita syukuri bahwa sampai sejauh ini kita menikmati perjuangan dari leluhur kita, yang mengupayakan bagaimana kita bisa berada dalam posisi yang serba berkecukupan dan dengan berbagai keberkahan.

“Maka malam ini kita akan berdoa bersama kita mensyukuri semua nikmat yang telah Allah SWT kepada kita semuanya," sambungnya.

Bupati juga mengharapkan seluruh masyarakat di Bumi Majapahit dapat menjaga persaudaraan dan persatuan antar sesama, sehingga dapat terciptanya suatu kemakmuran untuk Kabupaten Mojokerto.

Perlu di informasikan, hadir dalam acara selain Bupati, terlihat Sekretaris Daerah Kabupaten Mojokerto Teguh Gunarko, para staf ahli bupati, para asisten Sekda, para kepala bagian, pimpinan Bank Jatim Mojokerto, serta jajaran Forkopimda Kabupaten Mojokerto.(ben/adv)