Wali Kota Mojokerto Bantu Belasan Gerobak Bagi Koperasi Inkubasi Wirausaha

Ika Puspitasari, Wali Kota Mojokerto. Saat memberikan bantuan grobak bagi UKM

MOJOKERTO (Pewarta88.com) – Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari menyerahkan bantuan hibah non APBD berupa gerobak bagi koperasi berbadan hukum baru bentukan alumni inkubasi wirausaha makanan minuman (mamin) Kota Mojokerto.

Bantuan sebanyak 11 gerobak diserahkan kepada empat pengurus koperasi di halaman Kantor Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kota Mojokerto, Jalan Raya Meri nomor 7 Kranggan, Kamis (10/2/2022) siang.

Masing-masing yakni, Koperasi Produsen Pedagang Kopi Mukti Raya  Sinoman III Tengah sebanyak 3 gerobak, Koperasi Konsumen Kube Frozen Gemilang Mojopahit di Prajurit Kulon sebanyak 4 gerobak, Koperasi Produsen IPM3 di Panderman sebanyak 2 gerobak dan Koperasi Konsumen Wisata Kuliner Mojokerto di Karanglo sebanyak 2 gerobak

Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari  mengatakan Kota Mojokerto sukses mencetak wirausahawan baru hasil inkubasi tahun 2021 kemarin. Dan mereka juga diberi fasilitas kemudahan untuk mendirikan koperasi berbadan hukum yang pengurus dan anggotanya merupakan alumnus inkubasi. 

“Ada 8 koperasi yang berhasil dibentuk dari 17 kube inkubasi wirausaha. Mereka kita kelompokkan sesuai jenis inkubasinya. Nah bantuan gerobak ini diberikan kepada sejumlah koperasi yang menaungi kube inkubasi mamin serta frozen food,” ujarnya, kamis (10/2/2022).

Bantuan sarpras berjualan ini, lanjut Ning Ita, diharapkan dapat menunjang  pemasaran hasil produksi inkubasi mamin agar tetap eksis. Selain itu, ia juga memberikan fasilitas  tempat berjualan di pusat keramaian semisal Gerai Dekranasda Mall Pelayanan Publik Gajah Mada serta Workshop Alas Kaki Surodinawan.

“Saat weekend sabtu dan minggu kita kan ada pasar tumpah rest area Gunung Gedangan, mereka juga kita fasilitasi tempat untuk jualan disitu. Kalau lokasinya strategis dan ramai tingkat lakunya pasti tinggi, sehingga mereka tidak kesulitan untuk memasarkan hasil produksinya,” tukasnya.

Terpisah, Kepala Disperindag Kota Mojokerto, Ani Wijaya mengatakan selain gerobak, Pemkot Mojokerto juga memberikan bantuan sarpras lain berupa etalase, gantungan dan freezer.

“Bantuan sarpras ini memang khusus diberikan kepada koperasi berbadan hukum baru bentukan inkubasi wirausaha tahun kemarin. Bantuan kita sesuaikan dengan jenis kube inkubasi yang dinaungi koperasi tersebut,” terangnya, kamis (10/2/2022).

Misal bantuan gerobak, lanjut Ani, diberikan kepada koperasi yang manaungi kube minuman kopi, coklat, jamu abon lele, frozen food, keripik serta jajanan beras.

“Kalau koperasinya menaungi kube inkubasi bordir, printing dan batik kita berikan bantuan sarpras berupa etalase,” pungkasnya.(ben/adv)