Pertanyakan Letak Petak Tanah Gogol, Puluhan Warga Desa Bangun Pungging Datangi Kantor Desa

Perwakilan Warga Dusun Bangun, Desa Bangun, Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Saat datangi kantor Desa, kamis (9/12/2021).

MOJOKERTO (majamews.com) – Puluhan Warga Dusun Bangun, Desa Bangun, Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Datangi kantor Desa. Kedatangan warga setempat guna menanyakan tanah gogol milik nenek moyang mereka yang selama ini di kelola oleh Pemerintahan Desa Bangun. Kamis (9/12/2021)

Informasi yang di gali media ini, tanah gogol milik warga Dusun Bangun selama ini tidak tahu menahu keberadaannya, atau letak petak tanah gogol tersebut. Karena tanah gogol mereka telah di tukargulingkan pada saat adanya pembangunan pabrik kertas Pakerin ýang ada di Desa Bangun beberapa puluh tahun yang lalu.

Nurqomari, perwakilan tanah gogol warga menjelaskan kepada media ini, tanah gogol yang merupakan milik nenek moyang mereka memang dikelola oleh Desa, “Jadi kami kesini hanya menanyakan di mana sekarang lokasi tanah gogol yang di kelola oleh Desa pindahan dari kali lor,” jelasnya, kamis (9/12/2021).

Lebih lanjut, yang kami tanyakan hingga saat ini tidak ada jawaban dari kepala Desa, “Kami datang ke Desa bukan satu kali ini, sudah beberapa kali tetapi tidak pernah diberi penjelasan,” sambung Nurqomari.

Tadi memang ada Sekdes (sekretaris Desa), masih Nurqomari, warga datang sekdes tidak ada, “Warga hadir Bapak Sekdes tidak mau hadir di balai Desa, mewakili bapak Kades. Untuk menjawab apa yang kita tanyakan,” sambungnya.

Namun, warga juga minta kepastian kepada pemerintah Desa untuk ditemukan lagi dengan kepala Desa, “Hari senin kita klarifikasi kembali dengan jam yang sama, tetep kita buru. Bagaimana pihak kepala Desa menjelaskan, dimana titik tiga lokasi pemindahan kali tengah, kali wetan, ploso,” papar dia.

Ditempat yang sama, Mashuri selaku perangkat kaur pemerintahan Desa Bangun, apa yang di tanyakan warga gogol dirinya tidak tahu menahu, karena ia belum menjabat sebagai perangkat Desa Bangun.

“Ini tadi warga gogol Dusun Bangun, menanyakan tiga lokasi pindahan tanah gogol. Ada tiga lokasi. Bangun, Kalitengah, ploso. Kami jawab tidak tahu, karena kami belum menjabat,” jelasnya.(ben/tim)


Produk Media Grup Markaz