Pemkot Mojokerto Gelar Operasi Pasar Murah, Distribusikan 60.000 liter Minyak Goreng

Ika Puspitasari, Wali Kota Mojokerto, Jatim. Saat mendatangi pasar murah yang di gelar oleh Pemkot, di Rest Area Gunung Gedangan Kota Mojokerto, Rabu (09/03/2022).

MOJOKERTO (Pewarta88.com) - Dalam rangka memenuhi kebutuhan sembako masyarakat Kota Mojokerto, Forkopimda bekerjasama dengan Bulog menggelar operasi dan meninjau pelaksanaan operasi pasar minyak goreng dalam kemasan, berlangsung di Rest Area Gunung Gedangan Kota Mojokerto, Rabu (09/03/2022).

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari mengatakan, sebanyak 60 ribu liter minyak goreng disebar ke masyarakat yang jual dengan harga yang sesuai dengan aturan Harga Eceran Tertinggi (HET) yang juga didukung oleh PT.Megasurya Mas.

“Jadi kami sampaikan untuk minyak goreng total kuota yang kami sediakan untuk operasi pasar sebanyak 60.000 liter yang akan kami laksanakan dalam waktu 2 hari hari ini dan hari Jumat lusa,” jelas Wali Kota, Rabu (9/3/2022).

Lanjut Ning Ita, sapaan akrab Wali Kota perempuan pertama kali di Kota Mojokerto juga menghimbau, untuk pelaksanaan pasar murah khusus bagi warga Kota Mojokerto yang mendapatkan minyak goreng murah.

“Minyak goreng ini kami sediakan memang khusus bagi warga Kota Mojokerto baik rumah tangga maupun UMKM yang kebutuhannya lebih besar dibandingkan dengan rumah tangga kemudian operasi pasar juga kami sediakan komoditas beras dan gula dengan harga dibawah harga pasar,” lanjutnya.

Selain minyak goreng, Bulog juga turut mendukung operasi pasar tersebut, pihaknya menyediakan tiga komoditas, yaitu minyak goreng kemasan, beras kualitas medium dan gula pasir.

“Untuk gula ada sedikit kenaikan namun harganya masih terjangkau. Namun hari ini kita bekerja sama juga dengan untuk beras dan gula dilakukan operasi pasar beras gula minyak goreng kami siapkan operasi pasar di rest area gunung Gedangan Kota Mojokerto minyak goreng harganya Rp 13.500 per liter beras 8800 kg, beras medium dan gula 12500 kg khusus bagi warga Kota Mojokerto,” ungkapnya

Wali Kota juga memaparkan, gula 12500 per kg dengan kuota 500/kg untuk hari ini kemudian berat 8800/kg beras jenis medium dengan kuota 1 ton untuk hari ini dan itu bisa didapatkan masyarakat di rest area gunung Gedangan.

“Kegiatan operasi pasar minyak goreng yang bersubsidi dengan harga Rp. 13.500,- /liter beserta komoditi tambahan gula pasir seharga Rp. 12.500,- /Kg dan beras medium seharga Rp.8.800,- /kg, merupakan upaya Forkopimda Kota Mojokerto yang bekerjasama dengan Bulog untuk mengatasi kelangkaan pasokan serta memenuhi kebutuhan komoditi minyak goreng maupun komuditi lain khususnya untuk warga Kota Mojokerto disampaikan, Kita akan mengadakan operasi pasar secara menyeluruh,” paparnya.

Ning Ita menambahkan, untuk operasi pasar secara berkala sudah ia sediakan dengan kerja sama dengan berbagai pihak, penyedia secara berkala memantau kenaikan harga-harga, sesuaikan kebutuhan operasi pasar berdasarkan kondisi yang ada di lapangan.

“Untuk beras dan gula tidak ada pembatasan Tapi tentu saja jangan di kulak untuk dijual lagi ini untuk langsung konsumsi masyarakat untuk yang berdagang UMKM PKL Monggo untuk minyak goreng kita batasi bagi yang rumah tangga 44 liter ke rumah tangga kalau untuk yang UMKM bisa 12 liter per UMKM bagi UMKM yang membutuhkan lebih dari itu nanti hari Jumat masih ada operasi pasar lagi,” jelasnya.

Salah satunya dengan melakukan operasi pasar bahan pangan. Hal ini bertujuan untuk menjaga stabilitas harga bahan pangan agar tetap terjangkau untuk masyarakat, mengingat dalam beberapa waktu terakhir terjadi kenaikan harga beberapa komoditas bahan pangan.

Hal ini kata dia, menjadi salah satu upaya pemerintah dalam menjaga ketersediaan stok serta keterjangkauan harga bahan pangan bagi seluruh masyarakat.

“Dengan kuota yang lebih besar bisa segera mendaftarkan diri kembali memang Kami menggunakan skema melalui RT dalam rangka mengurangi kerumunan agar semuanya terkoordinir dengan baik sehingga tidak seluruh masyarakat kota datang ke rest area ada koordinator lewat RT masing-masing,” jelasnya.

Rencananya operasi pasar yang digelar pada hari ini akan berlanjut pada hari Jumat (11/3/2022) mendatang dengan komoditas minyak goreng, gula dan beras.(ben/adv)


Baca Juga:

Grand Final Lomba Kolase dan Fashion Show, Bupati Ikfina Siapkan Kado HUT RI Ke Satu Abad